Disperpusip Magelang Tutup Lomba Bercerita Dengan Peluncuran Buku Karya Siswa

BNews—MAGELANG— Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang, sebagai penerbit, meluncurkan tiga buku baru. Kegiatan tersebut bertepatan dengan penutupan perlombaan bercerita bagi siswa SD/MI tingkat Kota Magelang.

Menurut Kepala Disperpusip Kota Magelang, Isa Ashari, buku pertama berjudul Pakuning Tanah Jawa yang ditulis Wicahyati Rejeki. Buku yang diterbitkan akhir tahun 2019 itu memiliki tebal 70 halaman. Buku tersebut berisi kisah Gunung Tidar dan asal mula lahirnya Kota Magelang.

”Tujuannya penerbitan buku untuk mengarsipkan kisah-kisah yang diwariskan oleh leluhur khususnya di Kota Magelang. Kemudian diramu sentuhan sasta guna menanamkan karakter melalui amanat yang tertuang serta penambahan wawasan geografis mengenai Kota Magelang,” tutur Isa.

Penulis buku, Wicahyati Rejeki menjelaskan susunan buku Pakuning Tanah Jawa berasal dari referensi buku-buku yang sudah ada lebih dulu. Kemudian dari artikel, sumber lisan dan survei lapangan. Buku tersebut diselesaikan sekitar dua bulan.

”Kendalanya lebih banyak saat pencarian datanya, karena sulitnya menemui narasumber yang valid,” paparnya.

Karya kedua, merupakan kumpulan sinopsis Hikayat Lubuk Teka-Teki dan Hikayat Ibu Yang Paling Hebat. Buku itu ditulis oleh 80 siswa SD/MI di Kota Magelang dalam rangka lomba sinopsis yang sudah diadakan Disperpusip beberapa waktu lalu.

Buku ketiga yaitu Berliterasi Dengan Inovatif dan Kreatif Di Era Digital. Kumpulan artikel dari 30 siswa SMP/MTs di Kota Magelang.

”Kami bukukan hasil lomba siswa agar bisa dipahami karya anak seumuran mereka seperti apa. Dan memberi dorongan kepada masyarakat untuk berkarya minimal meningkatkan keinginan membaca,” ungkap Isa.

Ia berharap, dengan adanya ketiga buku tersebut, dapat meningkatkan keinginan membaca dan bisa meningkatkan literasi. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: