IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

KEREN…Pemuda di Salaman Dirikan Semprotan Disinfektan Otomatis di Pintu Masuk Dusun

BNews—SALAMAN— Kreatifitas warga Dusun Getangan Desa Krasak Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang ini layak dicontoh. Mereka membangun penyemprotan disinfektan otomatis di pintu masuk utama desa.

Semprotan disinfektan ini akan otomatis menyala jika ada pengendara yang melintasi kawasan tersebut. Mereka memasang sensor gerak yang dipasang ditengah jalan kemudian terhubung dengan pompa penyemprotan disinfektan.

Adalah remaja dusun setempat yang memiliki ide dan gagasan tersebut. “Kalau menempatkan personel jelas kita tidak efektif. Jadi kemarin hasil rapat kita sepkati untuk membuat yang bisa otomatis,” kata Ketua Pemuda Dusun Getangan Mumammad Huda.

Menurut Huda, alat ini akan otomatis bekerja jika terdapat gerakan yang tertangkap sensor. Kemudian, sensor akan menghubungkan dengan pompa yang terpasang di bak penampungan cairan disinfektan. “Bak penampungan disinfektan kita kapasitas sekitar 20 liter,” kata dia.

NEWS: Mesin dekteksi atau sensor yang membuat air otomotis keluar saat  ada yang melintas (29/3/2020)-(Foto: Istimewa)
NEWS: Mesin dekteksi atau sensor yang membuat air otomotis keluar saat ada yang melintas (29/3/2020)-(Foto: Istimewa)

Proses pembuatan disinfektan otomatis ini memakan waktu satu hari. Menurutnya, biayanya kurang lebih Rp 1 juta.

Di jalan utama desa tersebut, kata dia, memang sangat ramai oleh pengendara sepeda motor maupun mobil. Karena selain jalan desa juga jalan alternatif. (her/wan)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: