IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Keris Kyai Kenongo hingga Tombak Upas Dijamas Warga

BNews—SAWANGAN—Bulan Muharam atau biasa di sebut Sasi Suro oleh orang jawa di manfaatkan warga Dusun Soronalan Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang untuk melakukan Jamasan Pusaka Peninggalan Leluluhur (1/10). Pusaka jenis Keris Kyai Kenongo, Klitik dan Tombak Kyai Upas Nogo Sewu merupakan peninggalan Kanjeng Ratu Tumenggung Suronolo dari Kesultanan Demak.

 

Warga mempercayai Ratu Tumenggung Suronolo merupakan cikal bakal nama daerah sini dimana dulu Ia tinggal disini pada masa kejayaan kerajaan Demak. Terbukti dari nama Dusun Soronalan diambil dari namanya serta pusaka peninggalannya.

Jamasan merupakan cara untuk merawat barang peninggalan sejarah dengan cara di bersihkan. Hal ini merupakan kegiatan spiritual yang cukup sakral dan dilakukan hanya dalam waktu tertentu saja oleh masyarakat Jawa.

Hadir dalam acara ini Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Slamet Ahmad Husin sekaligus memberikan sambutannya dan aprisiasinya kepada masyarakat Soronalan yang masih mempertahankan tradisi jamasan ini.

“Hal ini juga sebagai wujud baktinya masyarakat Soronolan kepada cikal bakal dusunya sekaligus untuk merawat pusaka peninggalanya dan bukan berarti mempengaruhi keimanan kita namun agar barang pusaka tersebut terawat dan tidak cepat rusak tetapi awet atau lestari,” katanya di atas panggung acara di lapangan Dusun Soronalan.

 

 “Barang Pusaka berupa tombak dan keris ini merupakan warisan budaya yang agung dan sudah diakui oleh badan dunia Unesco maka dari itu kita harus jaga dan lestarikan bersama sekaligus acara ini dapat menyedot wisatawan untuk menyaksikan acara ini,” imbuhnya.

 

Acara berlangsung meriah dengan diadakan kirab hasil bumi berupa gunungan hasil pertanian oleh warga disertai seni dan kebudayaan. KIrab dilakukan setelah dilakukan jamasan pusaka dan pusaka ini diarak keliling kampung secara beramai-ramai.

Loading...

Tampak hadir dalam acara ini Bupati Magelang Zaenal Arifin, Forkompincam,Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta masyarakat Soronolan. Acara dipadati kurang lebih 500 orang untuk menyaksikan acara skaral ini serta pertunjukan seni dan budaya. (bsn)

 

KLIK :

ARTIKEL WISATA DI MAGELANG

BERITA OLAH RAGA MAGELANG 

LIKE FANE PAGE BOROBUDUR NEWS

 

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: