Kisah Pemuda asal Dukun Magelang Serahkan Elang Hitam ke TNG Merapi

BNews–DUKUN– Sejumlah pemuda datangi Kantor Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di Kecamatan Dukun Magelang (5/6/2020). Mereka menyerahkan satwa liar yang dilindungi negara berupa Elang Hitam.

Para pemuda tersebut berasal dari Dusun Babadan Desa Paten Kecamatan Dukun. Aksinya tersebut patut diapresiasi dan ditiru.

Perlu diketahui, Elang Hitam yang memiliki nama latin Ictinaetus Malayensis yang diserahkan merekan tersebut masih berusia 9-10 bulan. Elang itu ditemukan mereka 22 Mei di hutan merapi. Tepat ga lantai hutan BloK Pal 25 Wilayah Resort Dukun.

Elang tersebut diduga jatuh dari sarangnya dan mengalami luka pada bagian paha kakinya. Mereka sempat merawat dan menyembuhkan luka, sehingga saat diserahkan kondisinya tampak baik dan tidak stress.

Menurut situs resmi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Elang Hitam tersebut diperliharan sementara di kantor RPTN Srumbung. Ia dirawat oleh Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Srumbung.

Hal itu dilakukan seraya menunggu hasil koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya (BKSDA) D.I Yogyakarta. Dimana nantinya untuk kelanjutan pemeliharaannya hingga pelepasliarannya di kemudian hari.

Selama ini, jika ada Elang ditemukan di dalam kawasan dan memerlukan pemeliharaan, dilanjutkan pemeliharaan di Stasiun Flora Fauna Bunder, di bawah pengelolaan BKSDA D.I Yogyakarta. Dann jika sudah dianggap layak, maka dilakukan pelepasliaran di kawasan konservasi. (*/bsn)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: