Mengenal Arco, Anjing K-9 Jagoan Polres Magelang Kota

BNews—MAGELANG— Arco yang kini menginjak usia empat tahun nampak lucu menggemaskan. Perawakannya berukuran sedang. Bulunya berwarna coklat keemasan. Ia lebih senang mengibas-ibaskan ekornya dibanding menggonggong.

Itulah kesan pertama ketika bertemu Arco, salah satu dari empat anjing Polisi Satwa Unit K-9 (canine) milik Sat Sabhara Polres Magelang Kota. Ia merupakan anjing jenis Golden Retriever dengan tipikal setia, energik, menyenangkan dan ramah.

Pesona yang dimiliki Arco membuat anak-anak sangat menyukainya dan menjadi anjing populer peliharaan keluarga di rumah. Begitu juga dengan Polri yang memanfaatkan kecerdasannya untuk membantu tugas-tugas kepolisian, utamanya untuk menemukan bahan peledak (handak).

”Acro adalah jagoan kami. Jam terbangnya paling tinggi untuk membantu tugas kepolisian dengan spesialisasi melacak handak” tutur Kasat Sabhara Inspektur Polisi Satu (Iptu) Anas Syarifudin melalui Aipda Agustinus Wahyu didampingi Bripda Kristian Gigih, Senin (27/7).

Bripda Kristian yang juga menjadi pawang Arco kurang lebih tiga tahun ini mengaku sangat menyayangi satwa yang sudah dianggap sahabat sekaligus keluarga itu. Anjing yang biasa digunakan bertugas sejak usia 1,5 sampai sepuluh tahun ini kerap diajaknya bermain.

”Agar Arco tidak jenuh sekaligus membangun chemistry (kecocokan). Kadang diajak jalan-jalan dan memberikan tulang sapi serta dog toys,” ungkapnya.

Loading...

Selama tiga tahun ini, Arco kerap diterjunkan ke lapangan untuk melakukan penyirisan objek vital dari teror. Seperti gereja, Kantor Pemkot Magelang, Kantor DPRD Kota Magelang, objek wisata hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pemilu atau Pilkada.

”Penyisiran mencari handak termasuk kabel dilakukan satu jam sebelum acara (peribadatan hingga pelantikan) dimulai. Lalu dilanjutkan dijaga petugas untuk mempertahankan situasi yang sudah aman dan terkendali,” terangnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (Klik di sini)

Kehebatan Acro bukan isapan jempol. Bripda Kristian dan Aipda Agustinus unjuk kebolehan dengan melakukan simulasi penyisiran handak di halaman belakang Mako 2 Polres Magelang Kota.

Bripda Kristian Gigih menunjukkan dinamit yang berhasil ditemukan Arco.

Dalam simulasi tersebut, mereka menyiapkan empat kotak kosong dengan masing-masing jarak lima meter di setiap kotaknya. Tanpa diketahui Arco, Bripda Kristian menyembunyikan sebuah dinamit.

”Dinamit ini hanya replika namun di dalamnya sudah diisi serbuk bahan peledak,” kata dia, menjelaskan.

Baca juga: Mengenal Anjing-anjing Pintar Polres Magelang Kota Melacak Bom, Narkotika Hingga Bubarkan Kerusuhan

Sebelum dinamit disembunyikan, benda berbahaya itu sebelumnya diberikan kepada Arco untuk dicium melalui hidungnya yang berwarna hitam kecoklatan. Setelah beberapa saat, dinamit disembunyikan di kotak yang posisinya paling ujung.

Arco juga kerap dilibatkan untuk edukasi ke sekolah-sekolah mulai TK hingga SD.

Dengan ketangkasannya, Arco mulai menyisir kotak demi kotak berbahan tripleks. Ia mengendus lingkungan sekitar untuk mencari benda berbentuk silinder yang dilengkapi kabel dan jam. Tidak butuh waktu lama, anjing dari Britania Raya itu langsung menemukan benda berbahaya tersebut.

”Jadi Ketika Arco menemukan handak, ia tidak menggonggong. Tetapi memberikan sinyal dengan posisi duduk dan mengibas-ibaskan ekornya lebih cepat dari biasanya,” papar dia.

Usai berhasil menemukan dinamit, Arco langsung memperoleh reward dog toys. ”Tetapi kalau sukses dalam menjalankan tugas di lapangan, Arco mendapat reward berupa makanan sosis,” pungkasnya. (rur/han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: