Kisah Salah Satu Wakil Master Chef Indonesia, Ayu Kandi ‘Mbok Berek Garden’

BNews–JOGJA-– Yogyakarta mengirimkan wakil di ajang Master Chef Indonesia season 10 yakni Dyah Ayu Kandiningsih atau yang karib disapa Ayu Kandi. Menarik, Ayu yang memiliki predikat finalis Putri Indonesia 2005 ini lolos ke Jakarta setelah menyajikan masakan kesukaan Sri Sultan HB IX bagi para juri.

Ayu Kandi memiliki latarbelakang yang ternyata jauh dari dunia memasak. Pada tahun 2005 ia menjadi runner up 1 Putri Indonesia dan pada 2007 berlanjut menjadi finalis Miss Indonesia.

Tak hanya itu, Ayu yang mengaku baru memulai masak enam tahun silam juga sempat menjadi Fun Female Fearless Cosmopolitan pada 2012; dan bahkan berprofesi sebagai Disc Jockey (DJ). Di sisi lain, Ayu merupakan menantu generasi keenam; dari keluarga besar ayam goreng kremes Mbok Berek yang akhirnya membuatnya memulai memberanikan diri belajar memasak.

Perjalanan Ayu menuju MasterChef Indonesia season 10 terbilang tak biasa; karena secara tidak sadar ia didaftarkan mengikuti audisi oleh sang suami. Audisi menuju MasterChef dijalani dengan mengirimkan video memasak, mengisi formulir pendaftaran dan bertemu juri di tingkat daerah.

Hanya punya waktu empat hari untuk bersiap, Ayu akhirnya memilih masakan Kraton untuk disajikan pada para juri audisi pertama di Yogyakarta. Ia mengulik sendiri bahan-bahan dan cara memasak karena di Jogja ternyata hanya satu tempat yang menyajikan masakan kuno raja Kraton Yogyakarta itu.

“Jadi waktu audisi pertama di Jogja, karena kaget didaftarkan suami untuk ikut akhirnya mengulik makanan kesukaan Sri Sultan HB IX, Gecok Ganem. Awalnya mau Garang Asem tapi terlalu biasa, akhirnya masak Gecok Ganem itu. Mungkin wangsit ya, masakanku dihabiskan juri-juri saat audisi, akhirnya lolos ke Jakarta. Saat audisi aku juga lama diwawancara juri jadi semacam mengobrol hampir satu jam,” ungkapnya dikutip KR Jogja Senin (2/1/2023).

Saat ini Ayu berada di Jakarta, lolos 24 besar dan masuk Gallery MasterChef Season 10 yang tayang di salah satu stasiun televisi nasional. Ayu sempat mendapat pujian dari juri-juri macam Chef Juna, Renata dan Arnold saat memasak Trancam mix Salmon di tahap sebelumnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Pengalaman yang sangat baru untukku, karena bisa bertemu juri-juri yang luar biasa, menyajikan masakan dan mendapat apresiasi. Kalau saya target paling tidak bisa masuk 5 besar di MasterChef Indonesia, mengenalkan masakan-masakan menarik dari Jogja; dan semoga bisa ikut memberikan hal positif untuk Jogja,” sambungnya.

Di ajang MasterChef yang disiarkan televisi nasional dan jejaring Youtube, Ayu memiliki misi mengenalkan masakan-masakan lawas yang kini jarang diketahui masyarakat. Ia mengakui sudah menyiapkan beberapa resep yang akan menjadi jagoan ditampilkan di ajang tersebut.

Namun saat ini, Ayu akan berfokus menyelesaikan tantangan demi tantangan di ajang MasterChef Indonesia. Ia pun meminta dukungan dan doa warga Yogyakarta agar bisa membawa hal-hal baik di kacamata masyarakat secara luas.

“Secara khusus aku punya misi ingin mengenalkan salah satu masakan tradisional Yogyakarta yakni ayam goreng kremes; salah satunya Mbok Berek yang mungkin tidak lagi dikenal anak-anak muda. Setelah selesai kompetisi nanti, mungkin akan balik kembangin Mbok Berek Garden agar dikenal lebih luas lagi. Ini lho Jogja punya ayam goreng enak yang sudah ada sejak 1830; bisa jadi makanan oleh-oleh khas lho dari Jogja,” lanjutnya tersenyum. (*/KR Jogja)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!