Sederet Rutinitas Pagi yang Bisa Bikin Semangat dan Produktif, Yuk Lakukan!

BNews—TIPS— Bangun tidur pada pagi hari diklaim bisa membuat badan lebih segar sebelum memulai aktivitas. Namun tak jarang, ada orang yang masih merasa lesu meskipun sudah bangun tidur pagi hari.

Hal tersebut tak lepas dari berbagai kebiasaan yang dilakukan ketika pertama kali membuka mata. Rutinitas pagi yang baik dapat meningkatkan produktivitas, mencegah kelelahan, dan bisa membuat diri menjadi pribadi yang positif.

Lantas, rutinitas apa saja yang baik di pagi hari? Berikut ulasannya!

Bangun lebih awal

Mulailah dengan bangun 15-30 menit lebih awal setiap hari. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini akan dilakukan secara alami. Wajar apabila dalam beberapa hari atau minggu pertama kepala terasa pusing karena harus bangun lebih awal.

Namun, bangun di waktu yang sama setiap hari dapat melatih ritme sirkadian. Pada akhirnya ini akan membuat seseorang lebih mudah bangun di pagi hari dan memiliki tidur lebih nyenyak di malam hari.

Hidrasi

Jangan lupa untuk langsung minum 1-2 gelas air ketika bangun tidur. Hidrasi sangat penting untuk mengeluarkan produk limbah atau racun tubuh yang didetoks saat tidur.

Selain itu, hidrasi juga dapat meningkatkan fungsi metabolisme serta menjaga kesehatan usus dan kulit. Bahkan hidrasi dapat membuat fungsi kognitif berjalan lebih baik karena 75 persen otak terdiri dari air.

Minum setelah bangun tidur juga sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Sebab selama tidur tubuh tidak mendapatkan asupan cairan.

Bersyukur

Rasa syukur telah terbukti meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik. Tak hanya itu, bersyukur juga menciptakan hubungan yang lebih baik, kepuasan kerja, dan tidur lebih nyenyak. Memasukkan bersyukur ke dalam rutinitas harian dapat membantu membentuk kebiasaan positif menjadi lebih cepat.

Meditasi

Meditasi atau merenung memiliki banyak dampak positif pada kesehatan mental dan bisa mengatasi kelelahan. Meditasi sangat penting terutama bagi mereka yang bekerja di lingkungan dengan tekanan tinggi atau sedang mengalami kecemasan.

Sebab, meditasi bisa menghilangkan stres dan menanamkan rasa tenang. Cobalah untuk bermeditasi di pagi hari setidaknya 10 menit agar tercipta suasana hati yang menyenangkan. Kegiatan ini pun memungkinkan pikiran untuk menghadapi hari dengan ketenangan dan perhatian penuh.

Aktivitas fisik

Berolahraga di pagi hari sebelum melakukan aktivitas adalah pilihan terbaik. Aktivitas fisik dapat meningkatkan konsentrasi, suasana hati, dan tingkat energi.

Apabila semuanya didapatkan di pagi hari, maka aktivitas di hari itu bisa berjalan waktu. Sediakan waktu setidaknya 30 menit untuk berlatih.

Makan sarapan bergizi

Sarapan bergizi dapat mendukung manajeman berat badan dengan lebih baik. Makanan sehat juga merupakan pilihan bagus untuk memulai hari. Hal ini dikarenakan makanan sehat mengisi kembali simpanan glukosa di tubuh dan otak agar fungsi tubuh bisa berjalan baik.

Pilihlah makanan tinggi protein dan berserat. Misalnya roti gandum isi telur dan sayuran.

Rencanakan hari

Kebanyakan orang langsung tergoda untuk mengecek pekerjaan begitu bangun tidur. Tapi ada baiknya untuk sejenak meluangkan waktu guna merencanakan hari sebelum beraktivitas.

Cara ini dapat meningkatkan manajemen waktu, mengurangi beban kerja, serta mencegah stres yang tidak perlu karena dikejar deadline. Daftar harian bisa membuat seseorang merasa lebih memegang kendali, mengurangi stres, dan lebih produktif. (mta)

Sumber: Kompas.com.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: