Kompetisi Robot Tingkat SMP di Magelang Siap Digelar, Ini Syarat Peserta

BNews—MAGELANG—Badan  Penelitian dan pengembangan (Balitbang) Kota Magelang siap menyelenggarakan Kompetisi Robot Terbang Tahun 2020 tingkat SMP sederajat se Kota Magelang pada hari Selasa (17/03/2020). Acara akan diawali dengan Workshop besok (25/2/2020).

Kompetisi bertema ”Peran Aktif Pelajar dalam Mendukung Kemajuan Teknologi Dirgantara menuju Kota Magelang menjadi Kota Modern dan Kota Cerdas” dilaksanakan di Gor Samapta Gelora Sanden.

Kepala Balitbang Arif Barata Sakti melalui Kepala Bidang Pengembangan Harmonisasi dan Inovasi Catur Adi Subagio menuturkan persyaratan kompetisi antara lain setiap sekolah mengirimkan satu guru pendamping dan dua tim. Dengan masing-masing tim berjumlah dua siswa.

Jika umlah SMP sederajat di Kota Magelang sebanyak 23 sekolah maka terdapat 46 tim. Yang nantinya jumlah perserta keseluruhan berkisar 92 siswa.

”Setiap Sekolah boleh mendaftarkan lebih dari dua tim namun dengan catatan membawa Robot Terbang sendiri atau total peserta belum memenuhi kuota yaitu sebanyak 100 peserta,” paparnya.

Dia menjelaskan, peserta dapat mendaftar ke Kantor Balitbang Kota Magelang, Kantor Disdikbud Bidang Pendidikan Dasar Kota Magelang. Atau melalui Email [email protected] dan tidak dipungut biaya pendaftaran. 

Pendaftaran dimulai pada tanggal 18 Februari hungga 13 Maret 2020 dengan mengisi formulir pendaftaran dilampiri fotocopy akte kelahiran peserta. Juga menunjukkan Kartu Tanda Pelajar yang masih aktif serta membawa surat rekomendasi dari Kepala Sekolah pendaftar.

Loading...

”Setiap tim akan mendapat satu unit Robot Terbang yang nantinya wajib dirakit saat pelaksanaan Workshop pada hari Selasa besuk dan menerbangkannya minimal waktu 2 jam,” ungkap Catur.

Catur menambahkan penilaian tim diukur dari kecepatan waktu tempuh Robot Terbang dari start ke Finish. Rencananya panjang lintasan 34 meter dan lebar 2.5 meter, dengan kesempatan tiga kali peluncuran.

”Nantinya dari tiga kesempatan dipilih mana waktu yang paling tercepat dan dibandingkan dengan tim lain untuk menuju babak selanjutnya,” terangnya.

Catur berharap dengan adanya kompetisi Robot Terbang yang akan berlangsung dapat memunculkan para inovator dibidang kedirgantaraan dan antariksa sejak usia dini. ”Bukan hanya cerdas secara akademik tapi juga meningkatkan inovasi-inovasi dibidang lain,” pungkasnya. (cr1/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: