Konsep Gedung Baru DPUPR Kota Magelang Direncanakan Jadi Proyek Percontohan

BNews—MAGELANG—Pembangunan gedung perkantoran baru Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Magelang, tetap berjalan ditengah pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Kepala DPUPR Kota Magelang, Yonas Nusantrawan Bolla.

Menurutnya, proyek pembangunan sudah masuk dalam APBD dan dilaksanakan sebelum pandemi dan prosesnya sudah berjalan. Dimana DPRD Kota Magelang juga telah menyetujui proyek tersebut.

“Kami telah melakukan refocusing anggaran dengan memangkas belanja modal hampir 65 persen. Kami utamakan gedung ini karena secara fisik bangunan sudah tidak representatif, termasuk sudah meniadakan belanja modal lainnya, hanya pembangunan gedung ini,” kata Yonas.

Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Kota Magelang, Puji Hartono, mengatakan pembangunan telah dimulai sejak 29 April lalu hingga 24 Desember 2020 yakni rencananya selama 240 hari. Dengan anggaran pembangunan dari APBD Kota Magelang sebesar Rp16.713.699.000.

“Bangunan lama telah diratakan dan tahap selanjutnya adalah pembangunan bangunan baru oleh KSO PT Duta Mas Indah dan PT Sari Mas Indah Sejahtera,” kata dia, kemarin (18/6/2020).

Dia menjelaskan, gedung tersebut berkonsep bangunan hijau atau green building. Dengan tiga lantai dan menggunakan panel surya sebagai sumber listrik dibantu dengan daya PLN.

”Kaca dipasang di sekujur bangunan agar cahaya dapat masuk dan mengurangi pemakaian daya listrik. Begitu juga akan ditaruh berbagai tanaman di penjuru bangunan sehingga tampak hijau dan menyegarkan,” jelas Puji.

Lanjutnya, konsep bangunan tersebut direncanakan menjadi proyek percontohan (pilot project).  Bagi proyek pembangunan gedung lainnya di Kota Magelang.

“Filosofi bangunan sendiri terinspirasi dari bangunan cagar budaya Water Toren di alun-alun yang berbentuk bundar. Sebagai representasi kekhasan Kota Magelang dengan Water Toren sebagai ikon,” imbuhnya.

Tambah Puji, bagian atap gedung akan diatur sedemikian rupa agar dapat dimanfaatkan berbagai kegiatan. “Atap gedung nanti dapat dimanfaatkan menjadi ruang rapat dengan pemandangan Gunung Tidar dan alam sekitar,” pungkasya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: