Kuliah Online, UM Magelang Subsidi Kuota Internet ke 4.500 Mahasiswa

BNews—MAGELANG— Dalam menunjang sistem kuliah daring di tengah situasi darurat korona, Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang memberikan subsidi kuota internet bagi 4.500 mahasiswa. Subsidi senilai Rp50 ribu ini diberikan selama tiga bulan yang diwujudkan dalam bentuk pemotongan biaya registrasi semester gasal tahun akademik 2020/2021.

Rektor UM Magelang Dr Suliswiyadi menuturkan, kebijakan pemberian subsidi kuota internet ini bertujuan membantu perkuliahan daring bagi mahasiswa aktif TA 2019/2020. Selama pandemi covid-19, kampus telah melangsungkan perkuliahaan via daring sejak tanggal 23 maret.

”Rencananya, kuliah daring berlangsung hingga 29 Mei 2020 mendatang. Sehingga subsidi bakal diberikan selama tiga bulan terhitung sejak Maret,” tutur dia, hari ini (8/4).

Berdasarkan pengumuman yang diterima redaksi dari UM Magelang, subsidi sebagaimana dimaksud adalah sebesar Rp50 ribu perbulan. Bila diakumulasi selama tiga bulan, maka jumlah nominal subsisi mencapai Rp150 ribu.

”Pemberian subsidi ini diwujudkan dalam bentuk pemotongan biaya registrasi semester gasal tahun akademik 2020/2021,” terangnya.

Suliswiyadi mengatakan, pihaknya menerapkan perkuliahan daring 40 persen selama satu semester. Akan tetapi, selama epidemi korona, kampus memutuskan menerapkan perkuliahan daring selama sisa masa belajar satu semester genap ini.

”Dengan adanya musibah seperti ini, mau tidak mau semua dosen sekarang harus memberikan perkuliahan via daring,” katanya.

Loading...

Dalam penerapannya, UM Magelang menggunakan platform learning.ummgl.ac.id. Selain itu, pihaknya juga memanfaatkan aplikasi Zoom, BBB dan Cisco Webex.

”Namun ada beberapa mata kuliah dari prodi-prodi tertentu juga menggunakan aplikasi Telegram, WAG, YouTube hingga Spotify untuk perkuliahannya,” pungkas dia. (han)

Kaos Deglang
1 Comment
  1. mahasiswa says

    tidak efektif dan 50ribu kuota 3 bulan untuk mengakses elearning dan pembelajaran? yang benar saja kita dsuruh sosial distance/stay home tetapi harus melakukan penelitian dilapangan,perlu dipahami banyak mahasiswa yang bertempat tinggal tidak tercover jaringan..

    saya lebih setuju jika seperti petisi dibawah ini.
    semoga UMM dapat mengkondisikan.

    https://www.change.org/p/kemdikbud-ri-karena-covid19-bebaskan-biaya-kuliah-dan-tugas-akhir-bagi-mahasiswa-semester-akhir/u/26235592

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: