Kuliah Umum Akmil Magelang, Pangkostrad: Ing Ngarso Sung Tulodo

BNews—MAGELANG Kuliah Umum digelar di Akademi Militer (Akmil) Magelang, kemarin (25/1/2021). Tema yang diangkat yakni ’Karakter Pemimpin Danton Dihadapkan pada Tuntutan Tugas Satuan Kostrad’.

Dalam kesempatan tersebut, pembekalan materi diisi langsung oleh Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Eko Margiyono MA. Sementara peserta merupakan Taruna dan Taruni Akmil Tingkat II, III dan IV bertempat di Gedung Moch Lilly Rochli Akmil Magelang.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok Imam menyampaikan, kuliah umum dan pembekalan ini tentunya akan sangat bermanfaat. Khususnya bagi para Taruna/ Taruni sebagai Calon Perwira TNI AD.

”Hal ini karena mendapat kesempatan menerima kuliah umum dan pembekalan secara langsung dari Pangkostrad. Dimana kedepan untuk dijadikan bekal, referensi dan pedoman dalam menghadapi berbagai permasalahan yang berhubungan dengan manajemen kepemimpinan lapangan sebagai seorang Perwira Muda TNI AD di satuan tempat bertugas nantinya,” katanya.

Sementara Pangkostrad, Letjen TNI Eko Margiyono MA menyampaikan bahwa tujuan pendidikan Akmil membentuk Taruna Akmil menjadi perwira TNI AD yang memiliki sikap. ”Dan juga perilaku sebagai Prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Serta berpengetahuan, keterampilan dasar golongan perwira serta berkualifikasi Diploma IV (D-IV); di bidang Pertahanan dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan STr (Han) serta mempunyai kondisi jasmani yang samapta” paparnya.

”Perwira akan menjadi pemimpin, Pemimpin/ Leadership has it’s risks, You might lose your office You can lose your life,” tegasnya.

Dia juga menyempatkan mengupas 11 Azas Kepemimpinan TNI butir kedua yakni ’Ing Ngarso Sung Tulodo’. ”Ini maknanya seorang pemimpin di depan memberi contoh, setiap pemimpin harus memiliki pengetahuan dan keterampilan. Karakter pemimpin definisi tabiat sifat-sifat kejiwaan, akhlak, budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain serta watak,” ungkapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Selain tiu, terkait tugas TNI dalam Undang-undang TNI Nomor 34 tahun 2004, pasal 7. Dimana pertama tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara; mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

”Terpenting melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Kemudian yang kedua tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan: operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang,” pungkasnya. (bsn/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: