Kuliner Nasi Goreng Magelangan Dianggap Biasa, Namun Melegenda

BNews–MAGELANG– Nasi goreng Magelangan atau bagi warga Magelang sendiri biasa disebut dengan nasi goreng salah satu kuliner khas di wilayah tersebut. Dimana kuliner tersebut sering dianggap biasa saja oleh beberapa orang karena mungkin sama dengan nasi goreng biasa.

Namun, tahukah kalian warga Magelang bahwa nasi goreng khas Magelang ini sangatlah melegenda? Perpaduan antara nasi putih dan  mie serta dengan aneka bumbu yang dimasak dengan api besar menghasilkan rasa dan aroma yang menggiurkan.

Tidak lupa diberi ekstra ayam suwir dan telur untuk  menambah kesempurnaan nasi goreng. Nasi putih yang dipakai untuk membuat nasi  goreng biasanya adalah nasi yang cenderung pera.

Mengapa demikian? Menurut  salah satu penjual nasi goreng di sekitar Borobudur, pemilihan nasi yang demikian  bertujuan agar bumbu dapat tercampur sempurna dengan nasi.

Sehingga semua bagian nasi dapat terselimuti bumbu, dengan begitu nasi goreng akan terasa nikmat pada setiap suapnya.

Berbeda dengan nasi goreng dengan nasi yang cenderung  pulen. Nasi goreng dengan nasi yang cenderung pulen akan menggumpal sehingga nasi tidak terselimuti bumbu dengan sempurna.

Di Magelang sendiri nasi goreng dijual di berbagai daerah dengan target pasar yang  berbeda-beda. Mulai dari berjualan kaki lima di pinggir jalan, warung makan  sederhana, restoran, hingga hampir semua restoran hotel memiliki menu ini.

Bahkan  untuk saat ini, banyak penjual nasi goreng di luar Magelang, seperti di Yogayakarta, Surakarta, Klaten, Semarang, dan daerah-daerah lain, memiliki menu khusus Nasi  Goreng “Magelangan” dalam daftar menu mereka.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Hal ini berarti masyarakat banyak  yang tertarik dan suka dengan nasi goreng versi Magelang ini.

Seperti yang diungkapkan seorang warga di Surakarta yang bernama Nadia. Ia tidak hanya sekali dua kali mengungkapkan  rasa penasaran dan ketertarikannya untuk mencicipi nasi goreng Magelangan secara langsung di Magelang.

Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan untuk para  penikmat nasi goreng Magelangan lain dari luar Magelang akan berkunjung ke Magelang untuk merasakan secara langsung nasi goreng Magelangan yang otentik

Magelang sendiri sebenarnya memiliki banyak sekali makanan khas, seperti gethuk,  wajik, buntil lumbu, mangut beong, dan masih banyak lagi. (*/sr)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: