Kurma Asal Israel Disita Bea Cukai Malaysia

BNews-NASIONAL- Departemen Bea Cukai Kerajaan Malaysia (JKDM) melaksanakan operasi pada Selasa (12/3). Hasilnya mereka mampu menyita kurma yang diyakini berasal dari Israel.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Menteri Perdagangan Dalam Negeri dan Biaya Hidup, Armizan Mohd Ali.

Di dalam Sidang Dewan Rakyat yang diadakan daring di Kuala Lumpur pada hari Kamis, Armizan menjelaskan; bahwa Bea Cukai telah berhasil menyita 73 kotak kurma dengan merek “Organic Jumbo Medjool Dates” yang diperkirakan berasal dari Israel.

Selain itu, dalam operasi yang dilakukan di sejumlah gudang di pelabuhan utara Klang, Selangor, seorang warga lokal; berusia sekitar 40 tahun yang diduga sebagai pemilik perniagaan juga telah ditahan untuk penyelidikan.

Armizan menegaskan bahwa tindakan hukum akan diberlakukan terhadap siapapun yang terlibat dalam memberikan barang palsu; termasuk yang terkait dengan jenis, kandungan, dan nama produk.

Operasi ini dilakukan setelah adanya informasi penjualan kurma yang diduga berasal dari Israel muncul di media sosial pada hari Senin (11/3).

Menurut hasil penyelidikan JKDM, kurma-kurma tersebut dibeli bersamaan dengan barang organik lainnya dari sebuah negara di Eropa; kemudian dikemas ulang di Malaysia dengan mencantumkan label yang sebenarnya.

CEK BERITA UPDATE LAINNYA DI GOOGLE NEWS BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Total nilai kurma yang disita Bea Cukai, seberat 14,6 kilogram dan diperkirakan asalnya dari Israel, mencapai 678 ringgit Malaysia (RM) atau sekitar lebih dari Rp2,2 juta.

Armizan menegaskan bahwa operasi serupa akan terus dilakukan, dan meminta masyarakat untuk melaporkan informasi secara lengkap melalui platform yang tersedia.

Selain itu, pemeriksaan harga juga dilakukan di bazar Ramadan, ritel, swalayan, dan pasar tradisional untuk mencegah praktik; yang merugikan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri. Dalam dua hari terakhir, telah dilakukan pemeriksaan di 3.099 ritel dan ditemukan 11 kasus, termasuk upaya pencatutan harga. (*/antara)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: