Lagi Longsor Landa Wilayah Perbukitan Menoreh

BNews—SALAMAN— Ancaman tanah longsor mengintai wilayah Kabupaten Magelang. Tadi malam (14/1) longsor melanda tiga titik di Perbukitan Menoreh tepatnya di Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman.
            Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, akses jalan antar desa tertutup, sejumlah rumah rusak dan beberapa lainnya tidak bisa dihuni lantaran berbahaya.
            Data yang ada di Posko BPBD Kabupaten Magelang, longsor pertama kali terjadi di Dusun Wonokerto Desa Ngargoretno sekitar pukul 22.00 malam. Tebing setinggi 8 meter menimpa rumah milik Sutikman.
            Hanya berjarak 30 menit, kejadian kedua terjadi di Dusun Sumbersari. Tebing setinggi enam meter longsor dan membuat rumah milik Ahmad Zuhri, 40 hanya menyisakan beberapa centimeter dari tebing. Rumah berbahaya jika ditempati lantaran kondisi tanah sudah retak.

            Kejadian ketiga, longsor mengakibatkan jalan penghubung antar desa lumpuh di Desa Ngargoretno. Tebing setinggi enam meter longsor mengakibatkan jalan tertutup material sepanjang 8 meter dengan ketebalan dua meter. ”Ini menjaid catatan penting karena wilayah kita ini memang rawan longsor. Edukasi kepada masyarakat sangat penting supaya masyarakat bisa peka terhadap ancaman yang sewktu-waktu bisa datang,” kata Kepala BPBD Edy Susanto. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: