Laka Tambang Merapi, Satu Orang Penambang Tewas Tertimpa Tebing

BNews–SLEMAN- Kembali kecelakaan tambang di lokasi galian C Merapi wilayah Sleman terjadi kemarin (27/8/2020). Dimana seorang penambang tewas tertimbun material.

Untuk lokasi kejadian diketahui masuk wilayah Tangkisan, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Kejadian terjadi sekitar pukul 11.45 wib.

Penambang yang menjadi korban diketahui bernama Bonar, 55, warga Sidorejo, Temanggung, Jawa Tengah. Ia merupakan penambang manual material pasir merapi.

Kapolsek Cangkringan, AKP Samiyono mengatakan korban adalah penambang manual. “Pada saat kejadian, korban sedang menambang pasir seorang diri. Menurut infomasi, korban menambang sekitar pukul 08.00 WIB,” katanya.

Untuk kronologi kejadian, bermula saat korban sedang menambang, tiba-tiba tebing setinggi 20 meter longsor dan langsung menimpa korban.

“Awalnya tidak ada yang tahu kalau korban kena longsor. Karena korban sendiri (saat menambang). Tetapi di sana ada dua mobil yang menunggu, mungkin berpikir kok tidak datang-datang. Ternyata sudah longsor,” imbuhnya.

Mengetahui hal itu, seorang saksi kemudian melaporkan kepada petugas. Mendapati laporan tersebut, petugas langsung datang ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

“Laporan sekitar jam 12.00 lebih, setelah ada laporan langsung ke lokasi dan langsung evakuasi. Tetapi tidak tertolong, korban sudah meninggal dunia,”lanjutnya.

Sementara itu, Komandan TRC BPBD Sleman, Sugiyanto menambahkan korban tertimba longsoran tebing setinggi 20 meter. Saat evakuasi, pihaknya tidak menemukan kendala berarti, sebab ada alat berat yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

“Kami mendapat laporan sekitar pukul 12.00 via telpon WhatsApp ke SAR DIY unit Cangkringan. Setelah itu, petugas jaga piket POS AJU meluncur dan melakukan evakuasi,” tambahnya.

“Kami melakukan evakuasi bersama Polsek Cangkringan, Koramil Cangkringan, dan warga sekitar,” pungkasnya. (*/Dek)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: