Larangan Mudik Lebaran, PT KAI Daop 6 Jual Tiket Kereta Sampai 5 Mei 2021

BNews—YOGYAKARTA— Pada Ramadan tahun 2021 ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta hanya menjual tiket hingga tanggal 5 Mei. Hal ini menyusul adanya larangan mudik lebaran dari 6 sampai 17 Mei mendatang.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto mengatakan bahwa pembatasan pelayanan penjualan tiket tersebut sebagai tindak lanjut atas aturan pelarangan mudik lebaran 2021.

“KAI mengikuti aturan dari pemerintah terkait angkutan kereta api. Syarat dan ketentuan yg ditetapkan pemerintah akan diikuti. Saat ini KAI baru membuka pemesanan tiket sampai tanggal 5 Mei,” katanya, Kamis (15/4/2021). Dilansir dari Tribunjogja.

Meski ada aturan pelarangan mudik, kata Supriyanto, PT KAI Daop 6 tidak melakukan pembatasan perjalanan baik Kereta api (KA) lokal maupun KA jarak jauh.

Namun khusus untuk kereta jarak jauh, penjualan tiket dibatasi sampai 70 persen saja. Kebijakan ini sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan pemesan tiket KA menjelang Idulfitri.

DPD PKS Magelang Ramadhan

“Semua perjalanan masih sama, sambil menunggu aturan dari pemerintah terkait perjalanan KA. Untuk antisipasi lojakan dengan kendali ticketing. Di situ sudah dibatasi penjualan 70 persen saja,” jelasnya.

Lebih lanjut, Supriyanto menjabarkan, data selama satu pekan terakhir yang dicatat PT KAI Daop 6 sejak tanggal 11-17 April 2021. Terhitung penumpang yang turun ke stasiun Yogyakarta, baik itu KA jarak jauh, KA Lokal, dan Joglosemarkerto mencapai 10.343 orang.

Kendati dari jumlah tersebut, tidak diketahui, apakah mereka meupakan pemudik, wisatawan atau masyarakat pekerja. Sementara mereka yang bepergian menggunakan kereta api dari stasiun Yogyakarta tercatat ada sekitar 7.907 orang.

“Kami baru monitor yang bulan April ini, kalau sampai dengan H-6 lebaran belum bisa diakses,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: