Liburan Akhir Tahun, Polisi Tilang Knalpot Brong di Wisata Kaliurang

BNews—JOGJAKARTA— Aturan ketat diberlakukan di kawasan wisata Kaliurang, Sleman, Jogjakarta saat libur akhit tahun 2020. Knalpot blombongan atau brong dilarang masuk. Jika nekat, polisi akan melakukan penindakan terhadap pengendara dan kendaraannya.

Kapolsek Pakem AKP Chandra Lulus mengatakan, larangan penggunaan knalpot masuk Kaliurang berlaku pada akhir tahun ini.  Nantinya, saat malam Tahun Baru, akan ada petugas yang berjaga di pintu masuk Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Kaliurang.

”Pengecekan berlaku untuk semua kendaraan baik yang datang dari warga Jogjakarta atau luar daerah,” katanya, Minggu (20/12).

Jika melanggar, polisi akan melakukan penindakan berupa tilang. Pengecekan berlangsung pada malam pergantian tahun baru 2020 ke 2021.

Tidak hanya itu, untuk menjaga keamanan di wilayah Kapanewon Pakem, polisi akan menyisir tempat-tempat yang mengedarkan minuman keras (miras). Pengaruh minuman beralkohol dapat memancing penggunanya melakukan tindakan kriminalitas.

Pengawasan penerapan protokol kesehatan baik oleh pengelola wisata maupun pengunjung juga menjadi perhatian kepolisian bersama instansi terkait. Sebab momentum akhir tahun masih dalam suasana pandemi covid-19. 

Termasuk dalam pengamanan Kamtibmas, Chandra mengaku pihaknya tidak sendiri. Bersama unsur Muspika Kapanewon Pakem dan SAR serta kelompok sadar wisata siap amankan Kaliurang, mulai dari TPR hingga wilayah sekitar Hargobinangun. 

Terpisah, Kapolres Sleman AKBP Anton Firmanto mengimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang dapat mengumpulkan banyak orang. Utamanya saat Tahun Baru. Tidak ada kegiatan yang mengantongi izin selama masa pandemi.

”Tidak ada konvoi ataupun pesta kembang api, pesta di kafe maupun hotel,” ucap dia. 

Anton tak ingin jika penyebaran virus corona di wilayah Sleman semakin meluas. ”Tujuannya untuk menekan penyebaran virus corona,” tegas dia. (ala/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: