TOLONG…Tiga Hari Kebakaran Gunung Sumbing Belum Padam

BNews—WINDUSARI— Kebakaran hutan di Gunung Sumbing belum juga bisa dipadamkan hingga hari ini, Jumat (25/10). Api sudah membakar kawasan Sumbing sejak Rabu (23/10) lalu.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan api sulit dipadamkan karena peningkatan kecepatan angin. Upaya pemadaman secara manual belum banyak membantu.

Advertisements


Menurutnya, kondisi terakhir angin kembali berhembus sangat kencang menyebabkan api kembali membesar dan tidak dapat dijangkau karena berada di tebing. Titik api merembet dan meluas hingga ke petak 2A-6 yang berada di dekat Adipuro.


Untuk proses pemadaman, pihaknya mengerahkan tim gabungan dari berbgai unsur. Mulai TNI Polri, BPBD, SAR, Perhutani dan masyarakat setempat.

Namun, sore hari ini (25/10) seluruh tim ditarik turun karena cuaca tidak mendukung. Berkabut dan angin berhembus kencang.

“Api yang menuju ke arah barat sudah dibuat sekat bakar, dan 50 persen yang menuju ke sumber air sudah dapat dipadamkan sedangkan yang mengarah ke bawah belum berhasil dipadamkan karena terkendala medan (Tebing yang curam) dan dilanjutkan pemantauan dari basecamp,” kata dia. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: