Lokalisasi Sunan Kuning Resmi Ditutup, PSK Dipulangkan

BNews—SEMARANG— Pemerintah Kota Semarang secara resmi menutup lokalisasi “legenda” Sunan Kuning (SK). Penutupan akan dilakukan 15 Agustus mendatang dan seluruh PSK akan dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Sosialisasi penutupan SK sudah dilakukan sejak belakangan. Beberapa kali Pemkot melakukan pertemuan dan komunikasi dengan para tokoh di lokasi tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kota Semarang Muthohar menuturkan, ada sedikitnya 449 PSK di Kawasan sunan kuning. Sebagian besar bersal dari luar Semarang.  “Sudah ada databasenya, tidak bisa diubah-ubah,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Semarang Muthohar dilansir Antara.

Menurut dia, jika nantinya saat pemulangan jumlahnya melebihi yang sudah terdata, maka dipastikan mereka merupakan warga baru Sunan Kuning. Dia menuturkan jika memang terdapat tambahan warga Sunan Kuning yang harus dipulangkan ke daerahnya masing-masing, Pemerintah Kota Semarang tidak akan tutup mata.

Da menjelaskan, Pemkot Semarang telah menyiapkan para warga binaan Sunan Kuning yang akan dipulangkan sejak jauh hari. Penyiapan tersebut antara lain pelatihan keterampilan yang sudah dilakukan sejak 2017.

“Pemulangan tidak dilakukan begitu saja. Saat pulang nanti harus bisa hidup, bisa bermanfaat,” ujarnya.

Pemkot berencana merubah Kawasan Sunan Kuning sebagai Wisata Kuliner. Selain itu, para warga binaan yang akan dipulangkan itu nantinya akan mendapatkan tali asih dari pemerintah. Namun besaran tali asih itu hingga kini belum ditentukan.

Dia menyebut pemerintah pusat dan Pemerintah Kota Semarang sudah mengalokasikan anggaran untuk hal itu. (bn1/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: