Bawaslu Kabupaten Magelang Luncurkan Program Pendidikan Demokrasi Virtual

BNews–MUNGKID– Meskipun tidak ada Pemilu di daerahnya tahun ini, Bawaslu Kabupaten Magelang terus meluncurkan program barunya. Kali ini merekan luncurkan Program “Ngadem” (Ngaji Demokrasi) (20/8/2020).

Peluncuran tersebut bertepatan dengan momentum 1 Muharram 1442 H. Tidak hanya itu, hal itu dilakukan juga dengan masih semangat perayaan kemerdekaan RI ke-75.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M. Habib Saleh mengatakanpProgram baru tersebut nantinya sebagai saran edukasi Demokrasi, sosialisasi regulasi kepada masyarakat.

” Tugas kami Bawaslu kan tidak hanya pengawasan ketika dilakukan pemilu dan pilkada.Nnamun juga memberikan edukasi politik dan demokrasi kepada masyarakat,” katanya.

Menurutnya, karena situasi masih Pandemi Covid-19, maka kegiatan edukasi tidak dapat dilakukan dengan cara tatap muka kepada masyarakat. Oleh sebab itu cara daring atau online mereka lakukan.

“Kita rancang dua program unggulan yaitu “Candi” ( Bincang Pemilu dan Demokrasi ) serta “Ngadem” (Ngaji Demokrasi). Kita konsep model ceramah monolog dari komisioner Bawaslu mengkaji, membedah terkait dengan demokrasi,” ujarnya.

Sementara untuk outputnya berupa visual video dengan durasi pendek sekitar satu menit. “Nanti produk atau konten tersebut kita share lewat media sosial seperti YouTube, Instagram dan sebagainya,” tegasnya.

Loading...

Habib juga menyampaikan, untuk tahap awal Program Ngadem tersebut akan ditayangkan selama dua Minggu sekali. Bergantian dengan Program Candi.

Disampaikannya tidak menutup kemungkinan kedepan akan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat dalam program tersebut.

” Ngadem ini berangkat dari kondisi di wilayah kita yang ketika proses demokrasi itu identik dengan suasana panas. Lebih-lebih pilkada itu juga tidak kalah panas. Banyak residu pemilu. Untuk itu kami cari idiom kata yang kira-kira mengademkan. Tercetuslah kata ngadem itu,” paparnya.

Dalam Program Ngadem ini dirinya juga ingin mengajak masyarakat untuk berdemokrasi secara adem atau dingin, tidak perlu panas dan timbul perselisihan. Melalui kedua program unggulan tersebut, Bawaslu Kabupaten Magelang ingin mengajak masyarakat bersama-sama semangat berdemokrasi.

“Demokrasi tersebut haruslah sehat bersih dan bermartabat. Namun juga tetap terjaga dalam segi kondusifitas,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: