Lokasi Wisata Paling Hits Di Kabupaten Magelang Akhir Tahun 2020

BNews-MUNGKID– Liburan di Magelang tidak pernah bosennya dengan hal yang baru atau hits di tempat wisatanya.

Dimana tempat wisata mulai dari alam, buatan ataupun heritage tersaji dengan ciri khasnya masing-masing.

Kali ini Borobudurnews.com mencoba merangkum beberapa tempat wisata hits di Kabupaten Magelang terbaru tahun 2020.

Dan bagi kalian wajib mengunjunginya segera dengan mengajak orang-orang kesayangannya.

Jangan khawatir, akan dijelaskan harga tiket dan rute perjalanan menuju lokasi.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Dan kalian tinggal mencari di google map juga bisa untuk mengikuti GPS yang tersedia. Kebingungan bisa gunakan penduduk sekitar untuk bertanya.

Nepal Van Java
Nepal Van Java di Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik (foto : phinemo)
Nepal Van Java di Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik (foto : phinemo)

Nepal Van Java merupakan panorama alam pemukiman dengan susunan rumah warga yang dibangun beraturan, mengikuti kontur dari kaki Gunung Sumbing. Lokasinya di Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kalianhkrik Kabupaten Magelang, Dimana berada paling ujung utara Gunung Sumbing.

Menurut salah seorang warga, sebelum viral dengan julukan Nepal van Java, Dusun Butuh sempat disebut sangat mirip Rio De Jeneiro (Brasil). Ada pula yang menyebut mirip Tibet. Untuk menikmati pemandangan luas, pengunjung dapat naik lebih tinggi lagi ke arah permukiman warga di atas. Ada satu spot di tikungan sebelum pasar yang kerap jadi spot foto pengunjung.

Jika dari Jogja, silahkan melintasi Jalan Magelang. Sesampainya di persimpangan Artos Magelang, belok ke kiri. Ikuti jalan lalu belok kanan melewati Jalan Mertoyudan-Bandongan. Setelah itu melewati Jalan Kaliangkrik menuju Dusun Butuh.

Untuk tiket masuk saat ini sebesar Rp 8000 belum termasuk ongkos parkir. Karena mobil di parkir dibawah dusun, untuk naik bisa jalan kaki atau menggunakan ojek motor warga setempat.

Svarga Bumi
Destinasi Svargabumi Borobudur
Destinasi Svargabumi Borobudur

Wisata ini termasuk baru di Kabupaten Magelang, yang bernama “Svargabumi Borobudur”. Destinasi wisata yang instagrammable dengan sentuhan alam sawahnya bak permadani hijaunya menjadi daya tarik utama. Tempat wisata ini memiliki 22 spot foto yang bisa kamu nikmati baik dibawah terik mentari maupun saat hujan.

Beragam spot foto yang tersedia didominasi dengan warna putih dan kuning yang dirancang oleh arsitek menggoda jiwa kamu yang gemar berburu swafoto keren . Sperti ayunan, ranjang jaring-jaring sebagai tempat bersantai, hingga kursi gantung berlatar belakang pemandangan sawah.

Kamu bahkan dapat menikmati kolam renang lengkap dengan floating breakfast yang memanjakan. Dan tiketnya cukup membayar Rp 25 ribu untuk setiap orangnya. Belum termasuk biaya parkirs.

Rute perjalanan dari Yogyakarta maupun Kota Magelang, jaraknya sekitar 3 km dari Candi Borobudur. Lalu ke arah selatan melewati Jalan Borobudur Ngadiharjo. Ikuti jalan dan lokasi tepat berada di pinggir jalan, perbatasan Dusun Ngaran dan Dusun Gopalan.

Puncak Telomoyo
Gunung Telomoyo adalah gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 m dpl dan merupakan gunung api yang berbentuk strato (kerucut)-- Foto Internet--
KEREN : Gunung Telomoyo adalah gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 m dpl dan merupakan gunung api yang berbentuk strato. (Foto Internet)

Gunung Telomoyo dengan ketinggian 1.894 mdpl ini, kamu dapat menikmati indahnya panorama Rawa Pening dan deretan gunung di sekitar gunung. Gunung Telomoyo merupakan tujuan yang pas bagi kamu yang ingin ke puncak gunung tanpa perlu capek berjalan kaki.

Aktivitas lain yang tidak boleh dilewatkan ialah menyaksikan pemandangan indah dari landasan paralayang. Hal itu karena puncak Gunung Telomoyo bisa dicapai dengan mengendarai sepeda motor. Di mana telah tersedia infrastruktur jalan aspal dari kaki hingga puncak Gunung Telomoyo yang bisa dilalui kendaraan

Untuk mencapai Gunung Telomoyo, pertama kamu harus menuju ke Desa Pandean, yang terletak di Kecamatan Ngablak, Magelang. Desa ini tidak sulit untuk ditemukan karena lokasinya masih searah dari Pasar Ngablak. Jika kamu sudah menemukan Desa Pandean tersebut, maka ada petunjuk arah besar terkait lokasi gunung ini.

Tiket masuknya cukup Rp 10 ribu setiap orangnya. Untuk mobil atau kendaraan roda empat lebih tidak diperkenankan naik ke puncak karena alasan keamanan jika berpapasan. Jadi bisa menyewa paket jeep atau naik ojek sepeda motor milik warga.

Museum Alam Marmer Indonesia
KEREN : Salah satu view bukit marmer atau museum marmer menoreh (Foto-- A@danarsibolang)
KEREN : Salah satu view bukit marmer atau museum marmer menoreh (Foto– [email protected])

Lokasi wisata alam ini berada di Desa Wisata Ngargoretno Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Secara geografis Desa Ngargoretno terletak di lereng Pegunungan Menoreh.

Selain perkebunan, Desa Ngargoretno juga memiliki tempat wisata yang sedang berkembang yaitu Museum Alam Marmer Indonesia dan Gunung Kukusan. Gunung Kukusan adalah salah satu puncak di bukit Manoreh.

Di sini, pengunjung atau wisatawan bisa belajar cara memeras susu kambing hingga bisa menikmati langsung hasil perasan di tempat.Desa Wisata yang diberkahi dengan kekayaan alam batu marmer ini memiliki sebuah Museum dengan nama Museum Alam Marmer Indonesia (MAMI).

Museum Alam Marmer Indonesia atau disingkat dengan MAMI merupakan satu-satunya museum alam batu marmer di Indonesia. Menyajikan sejarah gunung api purba di kawasan pegunungan menoreh.

Kendati termasuk dalam wilayah tandus pegunungan Menoreh, dusun ini masih memiliki satu potensi alam, berupa batu pualam (marmer) merah. Museum ini berada di Desa Ngargoretno, desa dengan kontur perbukitan. Untuk dapat menikmati museum ini, sudah termasuk ke dalam paket wisata edukasi Desa Ngargoretno.

Paket wisata yang ditawarkan pun cukup beragam mulai dari memeras susu kambing etawa dan langsung meminumnya, mencicipi kopi khas Menoreh menelusuri desa melihat hijaunya sawanh hingga ikut membajak sawah bersama warga. tempat ini sangat cocok sebagai lokasi outbound. Trekking menuju Gunung Kukusan dengan keindahan sunrisenya menjadi daya tarik Desa Wisata Ngargeretno, Menoreh ini.

Dari arah Yogyakarta, melewati Jalan Magelang-Yogyakarta. Di pertigaan bangjo Palbapang, belok kiri melewati Jalan Raya Borobudur. Ikuti jalan hingga sampai di Candi Borobudur. Dari sana menuju desa wisata sekitar 12 km, belok kiri. Ikuti jalan menuju Dusun Selorejo Desa Ngargoretno.

Untuk harga paket bermacam-macam. Tergantung kalian ingin melakukan kegiatan liburan apa saja disana. Tidak cukup hanya sehari untuk berlibur di lokasi ini.

Grojokan Kapuhan
CANTIK : Salah satu spot di destinasi grojogan Kapuhan Sawangan. (Foto : instagram)

Grojogan Kapuhan sebenarnya adalah sebuah dam sungai pabelan atas. Tetapi menjadi terkenal karena airnya yang mengalir deras seperti air terjun.

Bahkan, meski saat musim kemarau, debit air di sana juga tak surut. Tempat wisata ini terbilang anyar, karena pengelolaan untuk wisata baru dilakukan sejak tiga pekan lalu.

Siapa pun yang tiba di lokasi akan disambut air Grojogan Kapuhan yang mengalir deras dan jatuh seperti air terjun yang elok. Didukung udara yang masih sejuk dan aliran Sungai Pabelan yang bersih, pengunjung dijamin betah berlama-lama di sini. Waktu terbaik berkunjung Waktu paling baik berkunjung ke sini adalah saat pagi hari dan sore hari. Saat pagi hari, udara masih sejuk, sedangkan sore hari, ada pemandangan matahari terbenam. Di lokasi ini, pengunjung bisa selfie dengan latar belakang Grojogan Kapuhan/

Lokasi Grojogan Kapuhan berada di Dusun Kapuhan, Desa Kapuhan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Lokasinya sekitar 22 kilometer atau setengah jam perjalanan dari pusat Kota Magelang maupun dari Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Melewati Jalan Blabak-Mungkid, menuju Sawangan. Akses perjalanan ke destinasi wisata inipun masih menyuguhkan suasana pedesaan dengan banyak pepohonan rindang.

Harga tiket masuk ke Grojogan Kapuhan terjangkau, yakni sebesar Rp 3.000 per orang. Sementara untuk parkir sepeda motor Rp 2.000 dan parkir mobil Rp 5.000. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: