Terungkap, Ini Sumber Penularan Covid-19 di Borobudur dan Salaman

BNews—MAGELANG— Lonjakan tambahan pasien positif di Kabupaten Magelang mencapai 52 orang dalam sehari kemarin (22/9/2020). Sebagian besar memiliki riwayat kontak erat dengan pasien sebelumnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi membenarkan lonjakan kasus tersebut. “Benar terdapat tambahan 52 pasien positif covid-19 baru di Kabupaten Magelang dilaporkan hari ini,” katanya (22/9/2020).

Dari 52 orang tersebut, terbanyak dari Kecamatan Salaman, dengan total pasien baru 22 orang, kemudian dari Kecamatan Borobudur sebanyak 13 orang. Untuk dari Kecamatan Salam sebanyak 5 orang, lalu Mertoyudan sebanyak 4 orang.

“Ada juga masing-masing tiga pasien baru dari Kecamatan Ngablak dan Candimulyo. Serta masing-masing satu orang dari Sawangan dan Muntilan,” imbuhnya.

Nanda juga menyampaikan, untuk riwayat pasien dari Kecamatan Borobudur dan Salaman, merupakan hasil tracking dari pasien positif sebelumnya. Dan diketahui lokasinya berada di Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Magelang (dahulu disebut Balai GAKI Borobudur).

“Saat itu, seorang suami dari pegawai di tempat itu yang merupakan anggota TNI, diketahui meninggal karena positif Covid-19 dan telah dimakamkan di Demak. Sementara hasil swab dari keluarga dan seorang asisten rumah tangganya, mereka dinyatakan positif,” paparnya.

Untuk penambahan di kecamatan yang lain, kata Nanda, selain merupakan hasil tracking dari kontak erat dari pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya. Serta berdasarkan hasil swab massal yang dilakukan sejak awal September kemarin dengan target sasaran, ibu hamil, lansia, warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif sebelumnya.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Untuk tambahan positif di Kecamatan Ngablak, Mertoyudan, Muntilan, Salam, Sawangan dan Candimulyo, mayoritas merupakan hasil tracking dan sebagian berasal dari swab massal,” terangnya.

Kendati demikian, terdapat empat pasien positif covid-19 di Kabupaten Magelang dinyatakan sembuh hari ini. “Untuk pasien sembuh ini tiga dari Kecamatan Secang dan satu orang dari Kecamatan Windusari,” ujarnya.

Dengan data itu, maka pasien positif Covid-19 yang masih dirawat maupun isolasi mandiri berjumlah 149 orang.  “Angka itu dari jumlah sebelumnya 101 orang bertambah 52 pasien baru, dikurangi empat pasien sembuh. Dimana 127 pasien menjalani isolasi mandiri dan 22 orang dirawat di sejumlah Rumah Sakit di Magelang,” ujar Nanda.

Selain itu juga ada dua PDP pulang membaik, yakni dari Kecamatan Mungkid semuanya. “Dengan pembaharuan data PDP tersebut, maka jumlah PDP saat ini ada 16 orang. Dimana sebelumynya berjumlah 15 orang ditambah empat baru dan sembuh dua orang” ujarnya.

Sedangkan untuk ODP, pada 122 September 2020, tidak ada kasus atau bisa disebut zero kasus ODP.

Dilaporkan juga jumlah akumulatif PDP yang sembuh hingga saat ini mencapai 449 orang. Sedangkan pasien positif covid yang sembuh mencapai 289 orang.

Sementara jumlah kasus meninggal, lanjut Nanda, hingga hari ini berjumlah 75 kasus. ”Dengan keterangan meninggal dunia dalam status PDP sebanyak 62 orang dan status positif berjumlah 13 orang,” pungkasnya. (bsn/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: