Tiga Warga Lereng Merapi Dukun Magelang Dievakuasi ke RSJ Oleh Tim Gabungan

BNews–DUKUN-– Tiga orang lereng merapi dievakuasi dari rumah ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof DR.Soerojo Magelang (23/10/2020). Mereka merupakan warga Desa Sumber Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

Mereka terpaksa dievakuasi karena mengalami gangguan jiwa sudah cukup lama. Ditakutkan mereka akan melukai diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Dalam proses evakuasi sendiri dilakukan oleh tim gabungan dari RSJ, Puskesmas, Polsen dan Koramail Dukun.

“Ketiga pasien tersebut yakni RY, 36, TRM, 45 dan MWR, 36. Semuanya laki-laki dan merupakan warga Desa Sumber,” ungkap Agus Triwanto perawat dari Tim Kesehatan Jiwa Masyaakat ( Kewamas) RSJ Magelang.

Agus yang juga memimpin proses evakuasi tersebut menjelaskan, bahwa pihaknya dari RSJ memang bertugas memfasilitasi keluarga yang memiliki pasien gangguan jiwa.

“Mereka ini dibawa ke RSJ untuk mendapat perawatan,” imbuhnya.

Untuk ketiga warga ini, lanjutnya bahwa mendapat laporan dari puskesmas melalui aplikasi Bagas Pati Rumah Sakit Jiwa.

Loading...

“Untuk perawatan ketiga pasien ini nantinya biaya sudah ditanggung oleh BPJS. Dan untuk waktu perawatannya maksimal dua minggu atau 14 hari,” ujarnya.

Sementara Kepala Desa Sumber Maryono menerangkan bahwa ketiga warganya ini mengalami gangguan jiwa rata rata sudah hampir 15 tahun.

“Karena kurangnya perhatian dari keluarga dikarena kondisi SDM dan ekonomi maka belum sempat mendapatkan penangan dari tim medis,” tambahnya.

“Maka dengan tindakan evakuasi ini kami merasa senang, dan harapan kami ketiganya setelah mendapatkan penanganan medis bisa sembuh seperti sedia kala” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: