Mahasiswa UNIMMA Dampingi PKK Dukunan Mengelola Singkong

BNews– MERTOYUDAN-– Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) kembali menerjunkan mahasiswa dan dosennya ke tengah Masyarakat. Kegiatan itu dalam rangka melaksanakan program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT).

Dan kali ini sejumlah mahasiswa dan satu dosen pembimbing melaksanakan kegiatan di Dusun Dukunan, Desa Donorojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang (1/11/2020).

Dan perlu diketahui, PPMT merupakan pengembangan dari KKN yang diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tentunya oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Magelang,terutama dalam membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Dengan mengangkat topik ekonimi kreatif dan kearifan lokal, kelompok PPMT yang beranggotakan satu dosen dan  lima mahasiswa ini terjun ke lapangan. Mereka yakni Diesyana Ajeng Pramesti SE, M.Sc selaku Dosen Pembimbing,serta mahasiswanya yakni Amal Habibah; Rahmawati Mursalin, Aprilia Nurul Husna, Dwi Vitri Istiyani, dan Indira Cahyaning Firdausi .

Kelompok mereka ini berfokus pada pengolahan hasil bumi berupa singkong. “Dalam pendampingan ini, kami berupaya membuat aneka makanan olahan singkong. Antara lain seperti rendang singkong, abon singkong, dan bika singkong,” ungkap Dosen Pembimbing, Diesyana Ajeng Pramesti SE, M.Sc.

Sementara untuk pesertanya, lanjutnya adalah ibu-ibu PKK Dusun Dukunan. “Singkong yang telah diolah tersebut kemudian dipasarkan secara digital. Yakni dengan mengoptimalkan media sosial,” ujarnya.

Diesyana Ajeng juga mengungkapkan bahwa kelompoknya dalam PPMT ini dilaksanakan selama dua bulan, yakni Oktober dan November 2020 ini. “Mulai dari awal pengajian, lalu pelatihan, dan pendampingan. Dan mulai dari Minggu ketiga kita mulai pendampingan digital marketingnya.” ungkapnya.

Loading...

Selain pelatihan, pihaknya juga mengaku melalukan pendampingan mulai branding hingga cara pengemasan. Ia juga berharap dengan adanya kegiatan PPMT ini mampu meningkatkan produktivitas masyarakat setempat.

“Ya semoga membantu, terutama ibu-ibu PKK melalui pemanfaatan hasil bumi berupa singkong di Dusun Dukunan. Perekonomian mereka bisa terbantu,” pungkasnya. (adv)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: