Malam Ini Kembali Merapi Meletus Dua Kali

BNews—MUNGKID—Malam ini kembali merapi meletus sebanyak dua kali (1/6). Letusan pertama terjadi pukul 20.24 wib dan letusan kedua terjadi pukul 21,00 wib.

 

Dari informasi yang di himpun Borobudur News dari BPPTKG Yogyakarta letusan pertama malam ini pukul 20.24 wib  dengan amplitude maksimum 64 mm dengan kolom letusan 2500 meter. Sedangan arah angin mengarah ke timur laut dengan durasi letusan 1,5 menit.

 

Sedangkan letusan kedua pada pukul 21.00 wib dengan amplitude maksimum 29 mm dengan durasi letusan 59 detik. Untuk kolom letusan sendiri tegak setinggi 1000 meter terpantau dari pos pengaman gunung merapi Babadan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

 

BPPTKG juga menginformasikan untuk model sebaran abu vulkanik letusan mala mini dominan ke barat laut. Hal ini sama seperti yang terjadi pagi tadi (1/6) sekitar pukul 08.24 wib.

 

Dari pantauan lapangan Borobudur News di kawasan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, tampak beberapa masyarakat tetap berjaga di pos ronda sambil menunggu informasi lebih lanjut dari tim OPRB tingkat desa. Karena dari wilayah Kecamatan Dukun gunung merapi tidak tampak, dan menurut informasi view merapi tampak dari sisi utara wilayah Selo Boyolali.

 

DPD PKS Magelang Ramadhan

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto membenarkan bahwa terjadi dua kali letusan malam ini. “Benar terjadi letusan dua kali malam ini, jadi sampai saat ini dalam sehari tanggal 1 Juni 2018 sudah terjadi 3 kali letusan dan yang terbesar pagi tadi,” katanya.

 

“Hingga pukul 09.55 wib kami mendapat informasi untuk hujan abu sudah terjadi di daerah Desa Ketep, Banyuroto di Kecamatan Sawangan dan Desa Pogalan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: