Maling Motor di Jogja, Mantan Pegawai Bea Cukai Diciduk Polisi

BNews—SLEMAN— Mantan pegawai Bea Cukai Juanda berinisial ICL diamankan polisi. Pelaku ditangkap petugas karena melakukan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Sleman Jogjakarta.

Kapolsek Depok Barat, Sleman, Komisaris Polisi Rachmadiwanto mengatakan, laki-laki berusia 35 tahun itu mencuri motor di parkiran toko waralaba. Tepatnya di Jalan Perumnas, Seturan, Caturtunggal, Depok, Sleman, Jumat malam(26/60 sekitar pukul 18.05 WIB.

”ICL merupakan warga Jalan Prenjak Timur, Sukun, Malang, Jawa Timur. Pelaku ditangkap di perempatan timbangan, Kunden, Jogotirto, Berbah, Sleman tak lama setelah beraksi. Dan saat ini mendekam di tahanan Mapolsek Depok Barat, Sleman,” kata Rachmadiwanto, Senin (29/6).

Saat ditangkap, petugas mengamankan satu unit sepeda motor matik nomor polisi AB 4542 KQ hasil curian. Dan handphone yang ditemukan di dalam dashboard sepeda motor sebagai barang bukti (BB).

Rachmadiwanto menjelaskan, kasus pencurian bermula ketika korban, Teguh Saputro, 51, warga Dusun Gedangan I, Karangmojo, Gunungkidul mengunakan sepeda motornya. Ia datang ke waralaba yang menjadi Tempat kejadian Perkara (TKP) untuk menukarkan uang.

”Sesampainya di lokasi, korban memarkir motor dan langsung masuk toko waralaba itu. Saat masuk toko motor, posisi kendaraan tidak dikunci stang. Sementara kuncinya juga masih menempel di motor,” jelasnya.

Korban juga meninggalkan handphone yang ada di dashboard motor. Setelah keluar toko, motornya sudah tidak ada di tempat. Korban kemudian dicari di sekitarnya juga tidak ditemukan.

“Mengetahui motornya hilang, korban langsung melapor ke Polsek Depok Barat,” ungkapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (Klik di sini)

Petugas langsung mendatangi TKP dan melakukan penyelidikan. Baik meminta keterangan pelapon dan olah TKP. Dari data yang dikumpulkan, petugas kemudian melakukan patroli dan menemukan pelaku di daerah Kunden, Jogotirto.

”Petugas kemudian mengamankan bersama barang bukti sepeda motor yang dicuri malam itu juga dan membawanya ke Mapolsek Depok Barat,” pungkasnya.

ICL kepada petugas mengaku motor itu akan digunakan sendiri. Sepeda motor hasil curian itu rencananya akan digunakan sebagai sarana untuk mencari pekerjaan di Jogjakarta setelah dikeluarkan dari tempatnya bekerja di kantor Bea Cukai Juanda.

”Saya sudah di Jogja selama satu bulan. Selama ini saya hidup menggelandang,” akunya.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: