Mantap! Anak Panti Asuhan Muhammadiyah Candimulyo Magelang Panen Puluhan Kelapa

BNews—MAGELANG— Sejumlah anak asuh Panti Asuhan Muhammadiyah Candimulyo, Kabupaten Magelang melakukan panen buah kelapa, pada Minggu (4/7/2021). Diketahui bahwa panen tersebut baru pertama kali dilakukan.

Pengurus Panti Asuhan Muhammadiyah, Ari Slamet mengatakan, jumlah kelapa yang dipanen berasal dari 36 pohon.  

 “Alhamdulillah, kita bisa mulai panen buah kelapa. Beberapa anak asuh panti dibantu warga sekitar melakukan panen. Yang mana pada panen perdana ini, kelapa yang berhasil diperoleh berjumlah sekitar 300 buah,” katanya.

Pohon kelapa itu sendiri merupakan wakaf dari berbagai pihak yang diterima oleh panti. Hingga saat ini, Panti Asuhan Muhammadiyah Candimulyo telah menerima wakaf pohon kelapa sejumlah 67 buah yang tersebar di beberapa desa.

Ari menyebut dengan adanya wakaf pohon kelapa, telah memberikan manfaat untuk anak asuh. Seperti mewujudkan kemandirian ekonomi, mengenalkan dan melatih anak asuh untuk berkebun. Serta menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kelestarian alam.

 “Manfaat ekonomi tidak hanya dihasilkan dari penjualan buah kelapa namun juga dari serabutnya. Karena setelah dikelupas, serabut yang ada akan kita manfaatkan untuk bahan pembuatan vas bunga tanaman anggrek. Saat ini sudah ada pihak yang sanggup memberikan pelatihan terkait pembuatan vas bunga dari bahan serabut kelapa,” ujarnya.

Ari memaparkan bahwa kegiatan yang sifatnya positif, seperti melibatkan anak asuh panti dalam memelihara pohon kelapa adalah bagian dari ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Sekaligus upaya melatih kepekaan dalam hal kemampuan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar khususnya terkait ketersediaan lahan. 

Lebih lanjut, dia menyebut, saat ini jumlah anak asuk yang berada di Panti Asuhan Muhammadiyah Candimulyo sebanyak 69 orang.

”Panti asuhan ini senantiasa berupaya mencetak sumber daya manusia yang memiliki iman, taqwa, menguasai ilmu pengetahuan teknologi, terampil, berakhlak mulia sekaligus mandiri. Salah satunya melalui program-program,” pungkanya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: