Mantap, Kades di Borobudur Sumbangkan Gajinya Beli Sembako Untuk Warga Terdampak Corona

BNews—BOROBUDUR— Kepala Desa (Kades) Sambeng di Kecamatan Borobudur, Rowiyanto, membagikan sebanyak 500 paket sembako gratis kepada warganya, Rabu (13/5). Bantuan sosial kemanusiaan ini diberikan untuk mengurangi beban ekonomi warga akibat musibah pandemi covid-19.

Rowi, sapaan karib Rowiyanto menuturkan, bantuan ratusan paket sembako tersebut bukan berasal dari Dana Desa (DD). Melainkan bersumber dari dana pribadinya sendiri, yakni dari gajinya sebagai kepala desa.

Adapun paket yang dibagikan terdiri dari beras, gandum, minyak goreng, mi instan dan telur.

”Di luar tanggung jawab pemerintah, ini sebagai bentuk kepedulian saya secara pribadi kepada lingkungan sekitar. Apalagi bertepatan dengan bulan suci Ramadan,” tuturnya kepada Borobudur News, siang tadi (13/5).

Rowi mengatakan, sembako disalurkan merata kepada seluruh warga dusun di Desa Sambeng per Kepala Keluarga (KK). Meliputi Dusun Sambeng I, Sambeng II, Gleyoran, Kedungan I, Kedungan II dan Kedungan III.

Baca juga: Mungkinkah Idul Fitri dan Natal Berlangsung Bersamaan, Ini Jawaban Pakar Astronomi

Dalam pendistribusian sembako, Rowi merangkul para pemuda yang mewakili masing-masing dusun. Kades muda ini pun turut terlibat langsung.

Paket sembako dari rumah dipindahkan ke truk untuk didistribusikan ke warga.

Rowi menyerahkan langsung bantuan sembako dari satu pintu ke pintu rumah warga. Ia ingin mengetahui langsung kondisi warganya di tengah pandemi corona.

”Sasaran penerimanya merata. Karena semua yang mampu atau tidak mampu sama-sama terkena dampak dan membutuhkan bantuan akibat corona,” kata dia.

Ia menjelaskan, bantuan sembako dinilai sudah tepat. Sebab, mayoritas warganya adalah buruh tani dengan upah harian yang bekerja hingga luar desa.

Sementara, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tetap di rumah saja. Dampaknya, mereka untuk sementara waktu tidak bekerja sehingga upah harian yang seharusnya diperoleh terpaksa terhenti.

”Tanpa keluar rumah untuk berbelanja, mereka tetap bisa mencukupi kebutuhan dapur. Mudah-mudahan meringankan beban mereka,” imbuhnya.

Mbah Karso merasa bersyukur karena terus diperhatikan.

Sementara itu, salah satu penerima manfaat bantuan sembako yang diserahkan langsung oleh Kades Rowiyanto, Mbah Karso, mengaku sangat bersyukur. Ia mengucap syukur karena terus mendapat perhatian. Baik dari pemerintah maupun dari kalangan dermawan.

”Alhamdulillah. Harapannya, bantuan sembako bisa terus diberikan sampai pageblug (corona) benar-benar hilang,” harap nenek warga Dusun Gleyoran. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: