Mau Naik Gunung Sumbing Via Nepalnya Magelang? Sudah Dibuka dan ini Syaratnya

BNews–KALIANGKRIK– Pendakian Gunung Sumbing memalui bacecamp Butuh Kaliangkrik sudah mulai dibuka kemarin (15/7/2020). Hal ini setelah surat ijin pembukaan dari Bupati Magelang turun kepada pengelola.

Namun, meskipun sudah dibuka tetap terdapat beberapa pembatasan dan aturan terkait protokol kesehatan. Untuk jumlah pendaki dibatasi sebanyak 50 orang setiap harinya, hal ini karena masih pandemi covid-19.

Lilik Setyawan, Koordinator Forum Pengelola Gunung Sumbing (FPGS) mengatakan karena masih dalam masa pandemi Covid-19, para pendaki tetap harus mengikuti protokol kesehatan.

“Para pendaki ini nantinya wajib membawa surat keterangan sehat dari puskesmas asal atau Kaliangkrik. Serta tetap wajib memakai masker dan disinfektan, wajib cuci tangan dan jaga jarak,” katanya.

Sementara, lanjutnya untuk rombongan pendaki maksimal 8 orang. Apabila jumlahnya dua personil (pria/wanita) maka wajib satu alamat dibuktikan dengan KTP.

Untuk satu pendaki juga harus satu identitas dan usia minimal 15 tahun. Sementara itu untuk tetap menjaga jarak, maka tenda kapasitas 4 personal hanya diperbolehkan digunakan untuk 2 personal saja.

“Calon pendaki mendaftar dulu juga bisa untuk mengecek quota hari tersebut. Bisa kirim pesan melalui instagram @reg.symphonysumbing.id,” ujarnya.

Para pendaki akan dilayani dari pukul 08.00 sampai 17.00 wib. “Untuk pendakian juga dibatasi maksimal 1 malam dengan waktu turun maksimal pukul 17.00 wib sampai basecamp,” imbuhnya.

DOWNLOAD MUSIK KEREN (KLIK DISINI)

Dia juga menyampaikan, para pendaki maksimal memiliki suhu tubuh 37 derajat. Bila lebih maka tidak diperbolehkan naik.

“Kalau tidak memenuhi syarat ya bisa diam di basecamp atau pulang kembali ke rumah,” tegas Lilik.

Menurut Lilik sudah mulai banyak pendaki yang menanyakan kapan jalur ini di buka lagi. Mereka menyukai jalur ini karena pemandangan yang sangat indah.

Basecamp Butuh berada di tengah-tengah dusun Butuh yang sering di juluki ‘Nepal’ nya Magelang atau Nepalnya Jateng.

“Saya juga berpesan kepada calon pendaki, bila ingin naik gunung Sumbing, untuk mempersiapkan fisik sebaik mungkin, menjaga etika dan sopan santun. Serta mematuhi semua aturan pendakian yang ada dan protokol kesehatan yang sudah di tetapkan,” pesannya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: