HUT KOTA MUNGKID 36 PDAM

Mengenang Tragedi Banjir Lahar yang Hancurkan Desa Sirahan Salam

BNews–SALAM– Sembilan tahun sudah tragedi banjir lahar dingin Merapi di Kali Putih tahun 2011 lalu menghancurkan perkampungan di Desa Sirahan Kecamatan Salam Magelang. Kejadian tersebut setelah sebelumnya di akhir tahun 2010 telah terjadi erupsi merapi yang cukup besar.

Kejadian Selasa Wage 11 Januari 2011 tersebut mengakibatkan 1033 KK dari tujuh dusun di Desa Sirahan Salam mengungsi, karena rumahnya rusak akibat banjir lahar dingin kali putih. Oleh sebab itu warga Sirahan menggelar rangkaian peringkatan tragedi tersebut dengan tajuk Satu Dekade Lahar Dingin Merapi

Iklan PT Segara Rizky HUT Kota Mungkid
BAPAS HUT KOKID 36

Rangkaian acara dimulai Sabtu malam (11/1/2020) dengan agenda Pengajian, Sarasehan dan Doa bersama oleh segenam warga Sirahan di Masjid dan halamannya Dusun Salakan. Malam itu acara dilanjutkan dengan sosialisasi Kebencanaan oleh BPBD Kabupaten Magelang dan Profesor Helmi ahli kebencanan.

Sementara acara Minggu pagi (12/1/2020) Warga Sirahan Salam Magelang berinisiatif memberikan bantuan sosial kepada kaum dhuafa dan fakir miskin. Rangkaian acara diawali “Ngonthel Bareng” bersama beberapa komunitas di Magelang Raya.

Suwigyo selaku ketua panitia mengatakan dalam acara Ngonthel Bareng ini kami undang  paguyuban sepeda onthel dari Magelang raya. “Tidak hanya itu, kami juga menggundang beberapa paguyuban luar kota diantaranya dari Sleman, Klaten serta beberapa kota lainya,” katanya.

Disebutkan juga, dengan acara ini pihaknya berharap mampu menggugah kepedulian warga Desa Sirahan dan desa desa yang berdekatan dengan sungai putih untuk selalu menjaga lingkungan. “Hal ini untuk menjaga jangan sampai persitiwa serupa terulang kembali,” imbuhnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 Wib, diawali dengan pembukaan dan pelepasan ngonthel bareng. Sementara untuk rute start Dusun Salakan – Gunungsari – seloboro – tirto – somoketro – Kangkungan – jamus – Trayem – Finish di Dusun Salakan dengan menempuh jarak 15 Km.

Loading...

Acara dilanjutkan dengan pemberian santuan sebesar Rp. 5.600.000,- kepada perwakilan anak yatim dan Duafa. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkompimcam Salam, Kades Sirahan Sulastri S.E, Komunitas Ontel Klasik dari Kabupaten Magelang, Komunitas Ontel Klasik dari Kota Magelang. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: