Menpar Bakal Bubarkan PT Taman Wisata Borobudur Akhir Tahun ini

MUNGKID– Minimnya perkembangan wisata di Candi Borobudur membuat menteri Pariwisata Arief Yahya menggagas konsep baru pengelolaannya. Melalui Keputusan Presiden yang direncanakan terbit tahun ini, Borobudur akan dikelola oleh satu pengelola dibawah lintas kementrian.
Sebagaimana diketahui saat ini, ada tiga zonasi di Candi Borobudur dengan tiga pengelola. Yakni Balai Konservasi di zona I, BUMN dalam hal ini  PT Taman Wisata Candi Borobudur di zona II dan Pemkab Magelang di zona III.
“Karena memang harus seperti itu. Nanti bahasa harusnya akan kita lebur,” jelas dia usai Gala Dinner bersama perwakilan DMO se Indonesia di Hotel Manohara komplek Candi Borobudur Kabupaten Magelang.
Menurutnya, dengan hanya ada satu pengelola, sebuah destinasi dapat dikembangkan dengan dengan konsep yang lebih tepat dan terintegrasi. “Terlalu banyak kepentingan tidak maju-majui pariwisata kita,” jelas dia.
Arief mengatakan rencana pembentukan pengelola Borobudur akan dituangkan dalam sebuah perpres atau kepres. “Akhir tahun ini, konsep pengembangan kawasan Candi Borobudur dan sekitarnya dengan satu pengelola ini akan dituangkan,” katanya.
Lembaga itu, kata dia, akan segera lahir setelah beberapa kementerian serta instansi terkait duduk bersama. “Kemungkinan besar bentuknya bisa dewan nasional yang dikelola satu institusi saja,” tambah Arief. (ie)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: