IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Menyentuh, Bocah 7 Tahun Asal Muntilan Donasikan Celengan Lewat FA UIB

BNEWS—MUNTILAN— Dampak pandemi corona, masyakat kelas menengah ke bawah menjadi kelompok paling terdampak. Utamanya di sektor ekonomi. Tidak sedikit dari mereka menggantungkan hidup dari upah harian untuk menghidupi keluarga.

Sejak persebaran virus corona meluas hingga daerah, pekerjaan mereka terhenti. Efek kebijakan pemerintah untuk ’di rumah aja’ membuat mereka harus taat berdiam di rumah. Pendapatan menjadi nol besar bahkan minus. Sementara, setiap hari mereka harus menjamin kebutuhan pokok seperti beras.

Fenomena kesulitan ekonomi yang dialami masyarakat yang kurang beruntung membuat masyarakat tergerak menggalang donasi. Bahkan, bocah tujuh tahun yang daya berpikirnya belum sempurna bisa terketuk hatinya berdonasi meringankan beban saudara-saudaranya.

Seperti siswa kelas 1 SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Muntilan, Muhammad Albar Rafi Halim yang mendonasikan celengan hasil tabungannya untuk diberikan kepada kaum duafa. Bingung akan diberikan kepada siapa, celengan tersebut akhirnya dititipkan ke salah satu anggota GPK Al Fatih, Gus Sidrun.

”Nak Albar menitipkan celengan yang berisi uang recehan. Saat dihitung bersama, jumlahnya ada Rp 430 ribu. Alhamdulillah,” kata Gus Sidrun.

Ia kemudian meneruskan donasi celengan tersebut ke Front Aliansi Umat Islam Bersatu (FA UIB) Jateng-DI Jogjakarta, Kamis (23/3). Kebetulan, FA UIB tenggah menggalang donasi ’Sedekah Beras di Bulan Ramadan’ yang disalurkan kepada kaum duafa akibat dampak covid-19 saat bulan puasa nanti.

”Saya salut, bangga, terharu, tergetar hatinya, bahkan merinding. Ada anak kecil yang masih kelas 1 SD tergerak hatinya untuk ikut sedekah beras. Membantu kaum duafa di tengah pandemi corona,” tutur Presidium FA UIB Jateng-DIJ, Anang Imamuddin, Kamis (23/4).

Loading...

”Seperti kita ketahui bersama bahwa bersedekah di Bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Subhanahu Wata’ala,” imbuhnya.

Baca juga: Tips Agar Puasa Bisa Berjalan Lancar Ini yang Harus Dipersiapkan

Anang mengatakan, semua masyarakat dapat mengambil hukmah dan pelajaran dari sosok Albar. Siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk berbuat baik dan bermanfaat pada sesama.

”Mau pejabat atau rakyat, orang besar atau orang biasa, orang berpendidikan tinggi atau tidak sekolah semua memiliki kesempatan bersedekah untuk sesama. Mas Albar ini salah satu teladan yang patut kita tiru,” katanya.

Ia berharap, Albar menjadi sosok yang menginspirasi semua orang untuk berbuat baik. Berguna dan bermanfaat untuk orang lain terutama yang lemah dan kesulitan.

”Kami mendoakan, semoga Mas Albar Rafi Halim menjadi anak yang saleh. Menjadi teladan bagi teman-teman sebayanya pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Semoga Allah membalas dengan yang lebih baik dan lebih banyak,” doa Anang.

Sebelumnya diketahui, FA UIB Jateng-DIJ bersama Polda Jateng menyalurkan bantuan ratusan paket sembako dan masker kepada warga di Terminal Muntilan, Jumat (17/4). Bantuan sembako diberikan kepada warga terdampak corona seperti pedagang kecil, tukang ojek dan becak. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: