Merapi Keluarkan Dua Kali Awan Panas, Sebagian Wilayah Magelang Dan Temanggung Hujan Abu

BNews–MAGELANG— Kembali Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada Selasa pagi tadi (10/8/2021). Sejumlah wilayah di Magelang dan Temanggung terkena hujan abu.

Menurut update @BPPTKG , terjadi dua kali awan panas Selasa pagi.

Pertama awan panas guguran Merapi pukul 05.58 WIB. Tercatat di seismogram dengan amplitudo 45 mm dan durasi 214 detik. Jarak luncur 3.000 m ke arah barat daya.

Yang kedua awan panas guguran Merapi pukul 06.43 WIB. Tercatat di seismogram dengan amplitudo 36 mm dan durasi 161 detik. Jarak luncur 2.500 m ke arah barat daya.

Sementara untuk hujan abu terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang dan Temanggung. Seperti di wilayah Pringsurat Temanggung, Kota Temanggung, Kabupaten Magelang juga terjadi di wilayah Kecamatan Grabag, Pakis dan Dukun.

“Iya mas hujan abu biasa di wilayah Babadan Paten Kecamatan Dukun,” ungkap Slamet warga setempat.

Sementara Wahyu warga Dukun lainnya mengatakan hujan abu dilaporkan di wilayah Desa Krinjing juga. “Hujan abu terjadi sejak pukul 06.30 wib tadi pagi. Sampai sekarang pukul 10.00 wib masih terjadi,” katanya.

Untuk cuaca, lanjutnya wilayah Dukun sejak pagi mendung tipis. “View gunung tidak tampak. Ketutup mendung dan kabut sejak pagi tadi,” tandasnya.

Beberapa video terjadinya hujan abu juga diterima dari netizen @Borobudurnews. Seperti di Pringsurat, Kranggan Temanggung. Dan di wilayah Pakis. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: