Meriahnya Kirab Kemerdekaan RI Di Lereng Merapi



BNews-DUKUN- Kemerdekaan Republik Indonesia adalah Hak seluruh rakyat Indonesia, maka dari itu masyarakat Desa Sumber Kecamatan Dukun Magelang menggelar pesta kemerdekaan ala rakyat hari ini (17/8). Kirab Budaya sekaligus mengikuti upacara penurunan bendera di Lapangan Candi Desa Sumber ini di padati ratusan masyarakat.
Kirab Budaya yang menampilkan kratifitas warga dari 12 Dusun di Desa Sumber ini disambut antusian ratusan masyarakat yang memadari pinggir jalan sepnajang rute kirab dari Dusun Suruh ke Lapangan Candi yang berjarak 3 kilo meter. Setiap dusun yang mengeluarkan wajib bergodo kirab dan ornament kreatifitas ini diarak kelapangan untuk mengikuti upacara penurunan bendera.
Salah satu panitia yang juga salah satu perangkat Desa Sumber Eko Kalisno, 32 menerangkan kegiatan ini murni ide inisiatif warga sumber dan pihak Desa hanya memfasilitasi dan mendukungnya. “ Kirab dengan nuansa budaya ini memang sudah rutin diadakan setiap tahunnya untuk memeriahkan hari kemerdekan Republik Indonesia,”katanya.

“ Kemerdekaan RI yang ke 72 ini tentunya juga milik rakyat, dan rakyat juga berhak merayakannya dan menikmati kemerdekaan Negara kita yang sudah berumur 72 tahun ini tanpa melupakan untuk mengisi kemerdekaan dengan persatuan dan gotong royong,” imbuhnya.
Bermacam-macam kreatifitas masyarakat Sumber ini mulai dari ornament Garuda Raksana, Patung Pahlawan Diponegoro, Kendaraan perang serta dengan balutan busana bergodo kerajaan maupun pakaian ala prajurit TNI dan Polri di kenakan oleh masyarakat. Mulai dari anak-anak dan bapak ibu bersadu padu dalam nuansa perayaan kemerdekaan ini.

“ Harapan saya kedepan dengan keberagaman yang ada di Desa Sumber ini menjadi modal utama untuk selalu kompak menjaga persatuan dan kerukunan antar warga,” pungkasnya. (BSN)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: