PPMT UNIMMA Tekankan Pentingnya Pemasaran Digital Untuk Produk Rumahan

BNews–MAGELANG– Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Magelang sangatlah banyak. Keberadaanya juga mampu menyerap tenaga kerja cukup banyak di lingkungan sekitarnya.

Sepertinya di Dusun Glagah Dua Desa Glagah Kecamatan Mertoyudan yang memiliki potensi usaha rumahan yang dikembangkan oleh warganya. Usaha-usaha rumahan tersebut mampu membuka lapangan pekerjaan dalam skala kecil.

Beberapa usaha rumahan yang berkembang antara lain sebagai unggulan adalah Kerupuk Rambak. Dan hal itu menunjukan daerah tersebut memiliki potensi usaha rumahan yang berupa perusahaan mikro.

Perusahaan ini dikerjakan oleh keluarga dengan melibatkan pekerja dari keluarga itu sendiri ataupun para tetangga. Perusahaan mikro yang ada di desa Jatisari mampu memberikan lapangan kerja, minimal untuk keluarga, dengan rata-rata penghasilan yang cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.

Perlu diketahui Desa Glagah Dua merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Wilayah tersebut memeiliki luas sebesar 126.42 Ha terdiri dari luas tanah sawah 60.26 Ha, luas pemukiman 108.315 Ha; luas tanah ladang 47.9 Ha, dan luas tanah hutan 0.7 Ha.

Jumlah penduduk pada tahun 2019 adalah 11.786 jiwa yang meliputi 5.811 jiwa penduduk laki-laki dan 5.975 jiwa penduduk perempuan. Mayoritas penduduk dusun Glagah Dua beragama Islam. Sedangkan untuk mata pencahariannya sebagian besar adalah wirausaha.

Melihat gambaran tersebut, ternyata masih terdapat kendala yang atau potensi yang harus diperkuat lagi. Oleh karena itu Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) kembali menerjukan mahasiswanya dengan satu donsen pembimbing untuk membantunya.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dibingkai dengan program Pengabdian Pada Masyarakat (PPMT) periode Oktober-November 2020, UNIMMA menerjukan kelompok mahasiswanya. Dimana meraka akan memaksimalkan potensi usaha-usaha rumahan yang berkembang di Desa Glagah Dua yang ditelaah dari sisi bisnis mikro.

Kelompok PPMT tersebut terdiri dari Dosen Pembimbing Nur Laila Yuliani, sekaligus ketua kelompoknya. Kemudian lima mahasiswanya, yakni Fatur Fadillah Rahmatullah, Fani Ari Setiani dan Dony Prasetyo dari Fakultas Manajemen/FEB; serta Dwi Santi dan Lilis Margiyanti dari Fakultas Akuntansi/FEB.

Dalam proses PPMT tersebut, mereka melakukan observasi dan penelitian. Dimana usaha mikro tersebut hanya dilakukan oleh keluarga di rumah. Usaha rumahan ini mampu memberikan penghasilan bagi anggota-anggota keluarga dan beberapa tetangga yang ikut bekerja di sana.

Jenis usahanya bervariasi dari produk makanan maupun kerajinan. Pertama, usaha Kerupuk Rambak Sapi yang berada di Desa Glagah Dua. Pemilik usaha Kerupuk Rambak merintis usahanya sejak 1950.

Setiap hari, produksi Kerupuk Rambak dimulai sejak pukul tujuh pagi hingga delapan malam. Mereka mengolah bahan dan memproduksi hingga mencapai 60 kg dalam waktu 3 hari.

Rata-rata omset penjualan kerupuk rambak sapi sebesar 10% dari produksi harian. Pemasaran Kerupuk Rambak dilakukan pada pada pagi hari dengan cara seseorang mengambil produk ke rumah.

Guna mengoptimalkan potensi tersebut, kelompok PPMT melakukan pendampingan dan pemahaman akan pentingnya sebuah pengemasan produk. Hal ini agar terlihat lebih menarik dan diminati orang-orang secara visual.

Kemudian soal branding, karena dengan memiliki brand tersendiri bagi produk kita maka akan memiliki ooriginalitas yang baik pula dari produk-produk yang serupa lainya tapi tak sama. Serta yang terpenting kelompok PPMT tersebut menekankan pada pemasaran produk.

“Hal ini karena rata-rata masyarakat kurang akan pengembangan pemasaran secara digital. Untuk itu kita memberikan sosialisasi kepada masyarakat desa yang memiliki umkm untuk sedianya ikut bergabung dan menambah wawasan mereka akan pentingnya pemasaran,” tegas Ketua Kelompok. (adv)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: