Meski Sudah Sembuh, Pasien Covid-19 Dilaporkan Alami Berbagai Gangguan Tubuh

News—NASIONAL— Meski pasien covid-19 telah dinyatakan sembuh, mereka merasakan efek jangka panjang di dalam tubuhnya. Walaupun, pasien covid yang sudah dinyatakan sembuh ini sudah bebas keluhan.Tapi ada pula yang mengalami beberapa gejala.

Dikutip dari unggahan seorang dokter, Adam Prabata di akun Instagramnya, @adamprabata, 87,4 persen pasien sembuh masih merasakan satu gejala. Gejala ini akan dirasakan kurang lebih selama 60 hari sejak muncul pertama kali.

”Lebih dari 50 persen pasien covid yang sudah sembuh masih bergejala pascadinyatakan sembuh. Bahkan hingga tiga bulan setelah sembuh. Keluhannya meliputi nyeri otot, lelah, batuk berdahak, hingga diare,”ungkapnya, seperti dikutip Borobudur News, Jumat (25/12).

Adapun gejala yang dirasakan adalah 16-53 persen mudah lelah dan 14-43 persen sesak napas. Lalu 31 persen gangguan pencernaan serta 22-27 persen nyeri dada dan sendi.

Selain gelaja-gejala tersebut, pasien yang sudah sembuh dari covid juga mempunyai efek jangka panjang yang berpengaruh terhadap kinerja jantung dan paru-paru serta sistem saraf. Dan terakhir, 46 persen atlet yang terkena covid-19 dan kategori orang tanpa gejala (OTG) namun sudah sembuh, mereka terdeteksi pula terkena radang atau cedera otot jantung.

Dalam unggahan tersebut juga ditampilkan sebanyak 71 persen pasien sembuh covid-19 terdeteksi adanya kelainan dan penurunan fungsi paru-paru. Hal itu terjadi rata-rata tiga bulan setelah sembuh.

Selain itu, ada 75 persen pasien yang sembuh dari covid juga mengalami penurunan fungsi paru-paru pada satu bulan setelah sembuh.

Loading...

Efek jangka panjang pada pasien sembuh dari covid terakhir terdapat pada sistem saraf. Mereka masih bisa merasakan sakit kepala, vertigo, gangguan penciuman serta pengecapan meski telah dinyatakan sembuh covid.

Kemudian, ada pula laporan yang menyebutkan ada pasien yang terkena radang otak, kejang, strok, perubahan suasana hati meski telah sembuh dari Covid-19. Sakit tersebut muncul dua sampai tiga bulan sejak gejala muncul. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: