Minimalkan Rantai Covid Di Lingkungan Kampus, PPMT UNIMMA Bentuk Satgas Covid Mahasiswa

BNews–MAGELANG– Pandemi global akibat penyakit Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia. Dimana hampir seluruh daerah di wilayah Indonesia telah terpapar virus ini tak terkecuali di wilayah Magelang, Jawa Tengah.

Perkembangannya tergolong cepat dikarenakan proses penularan virus corona ini cukup mudah yaitu melalui percikan air liur atau droplet. Dengan demikian maka perlawanan terhadap pandemi Covid-19 ini masih belum usai; hal ini ditunjukan dengan maraknya penambahan kasus baru yang hingga detik ini masih terus terjadi dan beberapa diantaranya meninggal dunia.

Selama wabah ini masih ada masyarakat diharuskan untuk masuk dalam era tatanan kehidupan baru atau yang lebih dikenal dengan era new normal. Dimana setiap orang dapat berkegiatan seperti biasa sambil tetap berperan aktif melindungi dirinya dan terus berupaya memutus rantai penularan; dengan selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan. Serta menjadikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai perilaku hidup sehari-hari. Untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membutuhkan peran serta dari seluruh komponen masyarakat di semua tatanan, termasuk di lingkungan Kampus.

Menyikapi mewabahnya Covid-19 di wilayah Magelang, Jawa Tengah ini Universitas Muhammadiyah Magelang mengambil langkah-langkah strategis untuk mencegah penyebarannya. Kali ini, Universitas Muhammadiyah Magelang membentuk relawan Satgas Covid mahasiswa dimana kegiatan ini dapat disetarakan dengan KKN bagi mahasiswa yang mengikutinya. Kegiatan ini diharapkan mampu lebih mendisiplinkan dan meningkatkan kesadaran warga kampus mengenai pentingnya 3M ( Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak) sehingga dapat meminimalisir penularan rantai covid-19 di lingkungan kampus.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sebelum relawan satgas covid mahasiswa ini terbentuk dilakukan tahap seleksi, dimana hanya terpilih sebanyak 30 mahasiswa dari berbagai program studi yang kemudian dibagi menjadi 6 kelompok yang di dalam 1 kelompoknya terdiri dari 5 mahasiswa. Di dalam 1 kelompok tersebut dibagi menjadi 3 devisi yaitu devisi Media, Publikasi dan Promosi sebanyak 1 orang, devisi Survailance sebanyak 2 orang, dan devisi Screening dan Disiplin Protokol Kesehatan sebanyak 2 orang.

Pada anggota kelompok 2 ini terdiri dari Erisa Maulina yang bertugas di devisi media, publikasi, dan promosi; Septi Rini Setyoningrum dan Irsya Riyani Pangestuti yang bertugas di devisi Survailance; serta Erika Khoirul Maghfiroh dan Lintang Nur Azizah yang bertugas di devisi Screening dan Disiplin Protokol Kesehatan yang didampingi oleh Ibu Aning Az-Zahra, M.A selaku dosen pembimbing selama kegiatan ini dilaksanakan.

Sebelum memulai masing-masing tugas yang telah ditentukan, dilakukan beberapa pembekalan terlebih dahulu. Pembekalan satgas covid mahasiswa ini dilakukan selama 2 hari berturut-turut yaitu pada tanggal 17 dan 18 Desember 2020. Pada tanggal 17 Desember 2020 pembekalan diberikan oleh Bapak Puguh Widiyanto, S.Kp, M.Kep, dr. M. Bachtiar Rifa’i, dan dr. Nina Danastri. Sedangkan pada tanggal 18 Desember 2020 pembekalan diberikan oleh LPPM, Ibu Lintang Muliawati, S.Ikom, M.A serta LP2Ma.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kegiatan satgas covid mahasiswa ini pertama dimulai pada pertengahan bulan Desember 2020 yang dilakukan seminggu 2-3 kali oleh masing-masing kelompok dengan durasi 7 jam per hari untuk setiap jadwal tugasnya. Pada tiap harinya 1 kelompok bertugas di kampus 1 Universitas Muhammadiyah Magelang dan 1 kelompok lagi bertugas di kampus 2 Universitas Muhammadiyah Magelang secara bergantian dimana telah disediakan posko di kampus 1 dan 2 untuk bertugas.

Oleh relawan satgas covid mahasiswa setiap pengunjung yang akan memasuki area kampus Universitas Muhammadiyah Magelang; baik di kampus 1 (Jalan Tidar 21 Kota Magelang) dan kampus 2 (Jalan Mayjend Bambang Soegeng KM 5, Mertoyudan, Magelang) diwajibkan memakai masker kain atau medis yang sesuai dengan standar.,

namun bagi pengunjung kampus yang belum memakai masker atau memakai masker namun hanya 1 lapis maka akan diberikan teguran serta diberi masker yang sesuai dengan standar agar lebih aman.

Kemudian pengunjung kampus juga akan dicek suhunya sebelum masuk ke wilayah kampus menggunakan alat thermogun. Jika suhu normal 36-37,5 derajat celcius, maka dipersilahkan masuk ke area kampus. Setelah dilakukan pengecekan suhu tubuh, pengunjung kampus diajak untuk mencuci tangan atau memakai handsinitizer serta yang tak kalah penting juga harus selalu menerapkan jaga jarak (social distancing) dan menghindari kerumunan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Pada kegiatan ini masing-masing kelompok juga diwajibkan untuk membuat program kerja. Program kerja yang telah dibentuk oleh kelompok 2 diantaranya yaitu membagikan masker; membagikan handsinitizer; melakukan pengisian sabun cuci tangan; membuat video mengenai gejala covid, penularan covid, dan penerapan 3M; pembuatan poster mengenai etika batuk yang baik dan penerapan 3M, dan lain sebagainya. Beberapa program kerja dan kegiatan yang telah dilakukan selama bertugas oleh kelompok 2 telah dipublikasikan ke akun  media sosial Instagram PPMT.Satgascovid19_Unimma_Kel2 dan youtube PPMT_Satgascovid19_Unimma_Kel2.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan relawan satgas covid mahasiswa ini pengunjung kampus dapat lebih disiplin dalam menerapkan 3M. Sehingga dapat mencegah rantai penularan covid-19 di lingkungan kampus 1 dan kampus 2 Universitas Muhammadiyah Magelang,” ungkap Septi.

“Kami juga berharap kegiatan ini dapat terus berlangsung selama pandemi covid masih mewabah. Agar warga kampus lebih mematuhi protokol kesehatan dan kasus positif covid dapat menurun sebagai usaha bersama memerangi pandemi ini agar segera  berakhir,” imbuhnya.

Kegiatan relawan satgas covid mahasiswa ini telah berakhir pada akhir bulan Februari 2021 lalu. Dimana kelompok 2 telah menyelesaikan 150 jam yang berarti hal tersebut telah memenuhi persyaratan sebagai jam kegiatan untuk PPMT. (adv)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: