Misteri Benda Cagar Budaya di Ketinggian 2.700 Mdpl Gunung Merbabu

BNews–JATENG-– Setelah situs Batu Tulis Sarungga, Wonosegoro, Desa/Kecamatan Cepogo, kini giliran Situs Timboa di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, di Dusun Timboa, Desa Ngadirojo, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali diekskavasi. Lokasinya berada di ketinggian 2.700 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Kegiatan tersebut difasilitasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali dan didampingi Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb).

Pengendali Ekosistem Ahli Madya BTNGMb Kristina Dewi menuturkan, Situs Timboa pernah diteliti pada 2020 bersama akademisi UNS. “Situs berada di lereng dan tak bervegetasi atau tidak ada pohon besar di situ. Hanya semak,” jelasnya, Minggu (5/3/2023).

Kepala Disdikbud Boyolali Darmanto menuturkan, dalam ekskavasi tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan BTNGMb dan Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah X Jateng-Jogjakarta.

“Nanti setelah dikaji, ternyata unsur-unsur cagar budaya masuk. Itu nanti kami masukkan,” katanya.

Ketua Boyolali Heritage Society (BHS) Kusworo Rahardian mengatakan, terdapat 14 situs cagar budaya di sepanjang jalur pendakian Timboa menuju Puncak Syarief, yakni salah satu puncak Gunung Merbabu yang biasanya ditempuh dari jalur Thekelan, Kabupaten Semarang. Beruntungnya, Timboa bukan jalur pendakian resmi, sehingga situs cagar budaya masih aman.

“Beberapa temuan yang cukup besar seperti tiga struktur tangga dari batu alam. Ada stuktur tangga berbentuk teras yang dilaporkan pada pasca kebakaran Gunung Merbabu 2019 di ketinggian 2.908 MDPL,” jelasnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Tangga tersebut menghubungkan dari teras paling luas menuju dua teras yang lebih kecildi atasnya. Lalu ada balok batu berdiri sebagai penanda mirip gapura kecil. Ditemukan pula prasasti batu berangka 1448 Saka atau 1526. Ada pula batu lumping dan pecahan terakota, dan sebagainya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!