Mitos Sumur Wali di Mertoyudan Bisa Pemudah Jodoh

BNews—MERTOYUDAN— Di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, terdapat sebuah sumber mata air bernama Sumur Wali. Mata air ini berada di Dusun Saratan Desa Sumberejo.

Oleh warga, mata air ini dijadikan sumber pengairan mereka. Meski saat ini telah banyak warga yang menggunakan air dari PDAM.

Advertisements


Sesepuh Desa Sumberejo, Murtadho mengatakan bahwa tempat tersebut dulunya banyak dikunjungi oleh warga yang ingin mendapatkan air. Bahkan tidak hanya warga setempat saja melainkan juga beberapa warga dari desa lainnya.


Selain dinamai Sumur Wali tempat ini juga dinamai Kali Jodo, karena banyak orang yang bertemu jodohnya saat mengantri mengambil air. “Dipercayai seperti itu,” kata dia.

Di musim kemarau, mata air ini digunakan oleh warga sebagai cadangan jika terjadi kekurangan. “Maka dari itu peran sumur atau mata air inilah yang digunakan oleh masyarakat untuk kehidupan sehari-hari,” kata dia.

Beberapa waktu lalu, warga menggelar ritual sumur wali. “Melalui ritual inilah kita berharap agar mata air ini bisa tetap terjaga dan bisa memberikan air bagi masyarakat di sekitar sini,” pungkas Murtadho.

Ritual ini sudah kerap kali dilakukan masyarakat setempat tiap tahunnya pada saat musim kemarau. Terutama menuju musim penghujan, yang dilaksanakan setiap Jumat Wage.

Ketua Panitia Desa Wisata Sumur Wali, Zamroni mengatakan, terdapat 9 sumber air di tempat tersebut.

Di tempat ini ada 9 mata air, yang dinamakan dengan Sumur Wali. Sebab terdapat 9 sumber mata air yang menggambarkan Wali Songo,” katanya. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: