Mitos Tapak Kuda Sembrani Penjemput Bidadari di Pakis Magelang

BNews—PAKIS—Disebuah aliran air di Dusun Warangan, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, terdapat jejak di sebuah batu. Diduga jejak tersebut merupakan tapak Kuda Sembrani.

Pengelola Sanggar Budaya Warangan, Handoro mengatakan lokasi batu tersebut berada di dekat air terjun Seklabrak. ”Lokasi batu yang ada jejak tapak itu ada di sekitar 20 meter dari air terjun Seklabrak,” kata dia.

Dia menjelaskan, warga sekitar mempercayai cekungan di batu tersebut merupakan jejak tapak Kuda Sembrani. Handoko menceritakan bahwa mitos dari cekungan itu adalah dulunya terdapat seorang bidadari yang mandi di air terjun.

”Bidadari itu lantas dijemput oleh Kuda Sembrani yang bersayap. Saat mendarat di Bumi, tepatnya di batu tersebut, si kuda meninggalkan jejak tapak kaki dan lutut,” jelas dia.

(foto : istimewa)

”Dari dulu, air yang ada di bekas tapak itu dipercaya bisa menyembuhkan penyakit mata. Bukan hanya warga dusun sini tapi juga warga daerah lain. Banyak yang datang untuk mendapatkan air tersebut,” sambungnya.

Handoko menyebut bahwa air yang bisa menyembuhkan penyakit mata tersebut, sudah banyak terbukti dari dulu. (mta)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: