Muncul Ikon Baru di Pojok Kiri Atas Beranda WhatsApp, Ini Fungsinya

BNews—TEKNOLOGI— Beberapa pengguna WhatsApp (WA) mungkin tak menyadari tampilan beranda yang agak berbeda dari biasanya. Perubahan itu memang tidak signifikan, tapi cukup menarik perhatian.

Perubahan tampilan beranda WA tersebut yakni adanya ikon baru dengan gambar tiga karakter orang di pojok kiri atas. Yang mana sebelumnya tempat ikon kamera. Tidak hanya di WhatsApp Mobile tetapi juga Ikon tersebut muncul di WhatsApp web.

Ikon bergambar tiga karakter orang itu adalah fitur baru WhatsApp, yakni Komunitas. Karena dihuni fitur Komunitas, ikon kamera kini berpindah di sisi atas kanan, berdampingan dengan ikon pencarian (gambar kaca pembesar).

Fitur WhatsApp Komunitas adalah fitur baru WhatsApp yang bisa menghubungkan beberapa grup WA dengan minat atau topik yang berkaitan dalam satu grup besar. Sebagai contoh, beberapa grup orang tua/wali murid berkumpul dalam satu grup besar sekolah.

Bisa juga grup berisi karyawan antar divisi yang digabung dalam satu induk grup besar kantor. Di fitur Komunitas, admin memiliki kendali cukup besar. Admin grup Komunitas bisa membagikan informasi ke semua anggota yang terhubung di Komunitas.

Selain itu, admin juga bisa menambahkan grup atau menambahkan anggota secara personal ke Komunitas. Admin Komunitas juga bisa menjadikan member Komunitas sebagai admin tambahan, seperti di grup WA biasa.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Untuk admin, chat Komunitas akan muncul di tab “chat”, begitu juga dengan grup-grup WA yang tergabung di Komunitas. Admin bisa memberi pengumuman sekaligus di Komunitas atau di grup-grup tertentu yang masuk anggota Komunitas.

Sementara itu, dari sisi pengguna, Komunitas juga akan muncul di tab “Chat”, namun tidak dengan anggota grup yang masuk Komunitas. Anggota juga tidak bisa merespons chat admin di Komunitas. Di sisi anggota, chatroom (ruang obrolan) Komunitas akan muncul keterangan “Hanya admin yang dapat mengirim pesan”.

Dari sisi admin, foto profil Komunitas maupun grup yang tergabung, akan lebih mencolok dibanding foto profil grup atau WhatsApp pribadi. Foto profil Komunitas akan muncul dengan ikon pengeras suara. Admin Komunitas bisa mengundang grup WA untuk bergabung melalui link undangan, seperti ketika mengajak orang untuk bergabung ke grup WA. (*)

Sumber: tekno.kompas.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!