NU Magelang Ziarah ke Makam Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan

BNews—MAGELANG—Kerharmonisan Muhammadiyah dan NU terlihat saat Milad ke-111 Muhammadiyah pada 8 Dzulhijjah 1441 H lalu. Salah satunya nampak pada tahniah yang lakukan sekelompok pemuda Nahdliyin Magelang.

Mereka menziarahi makam pendiri Perserikatan Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan. Yang berada di Kompleks Pemakaman Karangkajen, Jalan Karangkajen, Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta.

“Ziarah ini inisiasi dari obrolan sekelompok pemuda Nahdliyyin Magelang dalam pertemuan-pertemuan nonformal seiring Milad Muhammadiyah di tahun 1441 H,” ungkap salah satu peserta ziarah Ahmad Muntaha AM, beberapa waktu lalu. Seperti dikutip dari NU Online.

Dia menjelaskan, setelah obrolan tersebut kemudian disepakati untuk berangkat berziarah ke makam KH Ahmad Dahlan pada Sabtu malam (1/8/2020). Acara ziarah dengan pembacaan tahlil untuk pendiri Muhammadiyah dan seluruh kaum Muslim yang dimakamkan di Makam Karangkajen tersebut.

Selain itu, pihaknya juga melakukan refleksi sekilas atas peran KH Ahmad Dahlan dengan Muhammadiyah-nya. Yakni dalam mengawal dan merawat perjalanan bangsa sepanjang sejarahnya.

”Semoga Muhammadiyah bersama NU sebagai organisasi kemasyarakatan berbasis Islam konsisten meneruskan khidmah yang telah diteladankan oleh para pendirinya. Khidmah bagi agama, bangsa, dan negara,” imbuh dia.

Sementara itu, Wakil Ketua PC GP Ansor Magelang Muhammad Rotin Setiawan menuturkan tahniah atas Milad ke-111 Muhammadiyah dengan menziarahi makam KH Ahmad Dahlan. ”Selain itu, kami juga mempunyai niatan untuk mengingat jasa-jasa beliau, mengambil teladan, serta inspirasinya bagi diri dan orang lain dalam berkhidmah bagi agama, bangsa, dan negara,” jelas dia.

Loading...

Rotin berharap dengan ziarah tersebut dapat membawa kesejukan di level bawah dua organisasi Islam terbesar di Indonesia itu. ”Dapat menghadirkan kesejukan dan harmoni di antara kami para kaum muda, utamanya di level paling bawah,” harapnya.

Download Musik Keren (Disini)

Sebagai informasi, tahlil tersebut dipimpin oleh Gus Ahmad Ulin Nuha bin KH Ali Munir Salaman Magelang. Sementara untuk peserta ziarah seperti, Kasatkoryon Banser Salaman Muhammad Khoiran,

Wakil Ketua PAC GP Ansor Salaman Muhammad Fuadi, Wakil Ketua PAC GP Ansor Salaman Heri Prasetyo, dan Bendahara Rijalul Ansor Salaman Untung Santoso. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: