Tahun 2020 Gaji Minimal Kabupaten Magelang Rp 2 Juta

BNews—MUNGKID—Upah Minimum Kerja (UMK) Kabupaten Magelang tahun 2019 untuk tahun2020 meningkat dari usulan awal. Bupati Magelang mengusulkan UMK sebesar Rp.1.882.000 namun hal itu meningkat menjadi Rp.2.042.000 sesuai keputusan Gubernur Jawa Tengah.

“Usulan kami lumayan tinggi dari pada tahun kemarin. Dan keputusan di Provinsi,” ungkap Bupati Magelang Zaenal Arifin (21/11).

Advertisements


Zaenal juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan kajian-kajian terkait usulan UMK ini. “Saya kemarin juga pusing karena harus menghitung perangkat desa kita sekian dan yang lainnya juga. Tetapi kita harus menjamin kepastian hidup yang layak,” jelasnya.


“Saya sudah lakukan pemetaan bersama pengusaha, pekerja dan pemerintah terkait UMK ini. Dan akhirnya kita temukan formula dan mengahasilkan angka tersebut untuk diajukan ke Gubernur,” imbuhnya.

“Akhirnya Gubernur telah menetapkannya sebesar Rp.2.042.000 untuk UMK Kabupaten Magelang,” tegasnya.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menambahkan soal UMK tersebut tidak pernah aka nada kata ideal. “Semua akan merasa kurang para pekerja, sedangkan pengusaha pasti akan menekan seminim mungkin. Jadi kita putuskan sesuai formula yang kita hitung,”  tambahnya.

“Maka itu adalah kompromi yang paling tengah dan akan diakomodasi semua. Tidak ada yang ideal,” tandasnya.

Sementara untuk UMK tertinggi di Provinsi Jawa Tengah adalah Kota Semarang sebesar Rp 2.715.000, dan UMK terendah di Kabupaten Banjarnegara Rp 1.748.000. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: