One Day Tour Sebagai Sarana Simulasi Dan Promosi Wisata Di Kabupaten Magelang

BNews–MAGELANG– Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang tak henti-hentinya promosi wisata di daerahnya. Meskipun masih pandemi dan tutup lokasi wisatanya, Disparpora tetap lakukan promosi guna persiapan pembukaan.

Salah satu kegiatannya adalah Disparpora Kabupaten Magelang menggelar “One Day Tour” di sejumlah lokasi wisata di Lereng Gunung Merapi, Merbabu dan Telomoyo. Pesertanya sendiri diikuti oleh para pelaku dan industri wisata Kedu Raya.

Mereka adalah pelaku wisata, komunitas Pesona Magelang, PHRI, Genpi Magelang, PWI Kabupaten Magelang dan pengusaha jasa perjalanan (travel agent) se wilayah Kedu Raya.

Menurut Kepada Disparpora Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein, kegiatan ini menjadi sarana simulasi pelaksanaan event wisata di masa pandemi.

“Meski masih PPKM level 3, kita diizinkan untuk melakukan simulasi. Ini menjadi contoh melakukan event tapi tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat,” kata Slamet Achmad Husein, Kamis (21/10/2021).

Protokol kesehatan yang diterapkan sesuai petunjuk teknis Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. “Pelaksanaanya masih dalam kerangka kehati-hatian (mencegah penularan Covid),” terangnya.

Selain standar prokes seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, durasi pertunjukan seni dibatasi tidak lebih dari 15 menit.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Nanti bisa dilihat saat ada seni pertunjukan kita batasi. Durasi pementasan kami batasi tidak lebih dari 15 menit,” ujar Achmad Husein.

Peserta ‘one day tour’ yang terdiri dari pelaku dan industri pariwisata juga dimaksudkan sebagai sarana promosi pariwisata Magelang. “Sehingga dengan one day tour, teman-teman ini bisa memasarkan daya tarik wisata yang kita miliki,” imbuhnya.

Kabupaten Magelang memiliki 230 daya tarik wisata dan 83 diantaranya adalah wisata alam. Daya tarik wisata berupa tempat terbuka lebih aman dari potensi penularan Covid.  

“Kita memiliki kesempatan untuk melaksanakan simulasi di Jawa Tengah. Di Magelang sudah ada 25 daya tarik wisata yang memenuhi sertifikasi CHSE, termasuk Ketep Pass,” ujar Achmad Husein.

Dalam kegiatan One Day Tour tersebut beberpa lokasi wisata dikunjungi untuk melihat kesiapan dan pemberlakukan protokol kesehatan. Lokasi itu antara lain Ketep Pass Sawangan, Bukit Grenden Pakis, Awang-Awang Sky View Telomoyo Ngablak, Telomoyo Nature Park Ngablak, Pinusan Kenditan; Embung Pagergunung, dan Omah Kembang Ngablak. (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: