Viral Warga Magelang Jual Kaus Oblong untuk Beli Kapal Pengganti KRI Nanggala

BNews—MAGELANG— Pascainsiden tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 mengetuk hati komunitas atau kelompok masyarakat di penjuru nusantara. Mereka secara terbuka melakukan penggalangan dana untuk membeli kapal selam pengganti Nanggala yang ditaksir mencapai triliunan rupiah.

Aksi berdonasi yang paling terkenal adalah ’Patungan Rakyat Indonesia Membeli Kapal Selam’ yang dilakukan Masjid Jogokariyan Jogjakarta. Gerakan tersebut ternyata mengetuk hati dan menginspirasi pemuda Magelang.

”Awalnya Saya lihat postingan di media sosial itu. Lalu Saya terpanggil saja,” kata Azis Syaiful Anas, warga Desa Gondowangi, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

”Kemudian Saya menemui takmir Masjid Jogokariyan, Senin (26/4). Saya bertemu takmirnya dan ngobrol soal itu (patungan). Maksudnya, tujuannya apa. Saya pun minta izin buat ikutan berdonasi lewat jualan kaos,” sambungnya pria yang memiliki studio di Dusun Bentingan, Desa Paremono, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

”Jadi, keuntungan dari penjualan kaus akan disumbangkan ke Masjid Jogokariyan yang sebelumnya sudah berdonasi untuk membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala-402,” imbuh pria 37 tahun ini.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Azis dan timnya kemudian membuat tiga desain kaos. Yakni desain bertuliskan ’Together We Give A Good Buy for Indonesia’, ’Eternal Love Patrol’ dan ’New Nanggala 402 for Indonesia’.

”Harga jual yang dibanderol Rp100 ribu perkaus. Sejauh ini, sudah ada belasan orang yang memesan kausnya. Mayoritas dari Magelang dan Temanggung,” ucapnya.

Azis mengaku terketuk hatinya karena merasa prihatin setelah KRI Nanggala 402 dinyatakan tenggelam. Artinya Indonesia telah kehilangan salah satu penjaga kedaulatan negara. Sementara, Indonesia tinggal memiliki empat kapal selam untuk mengamankan kedaulatan.

”Kalau saya baca berita, Indonesia cuma punya beberapa kapal selam, salah satunya sudah tenggelam. Artinya, ketahanan laut kita sudah berkurang. Sebagai langkah move on, ya, alangkah baiknya kalau kita punya pengganti,” terangnya seperti dikutip Instagram TV @emyrwear. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: