Pegal Setelah Olahraga? Ini 4 Cara Mengatasinya

BNews—KESEHATAN— Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Namun dalam beberapa kasus, olahraga bisa saja menyebabkan pegal-pegal pada tubuh karena berbagai hal contohnya karena melakukan jenis olahraga baru atau yang terlalu intens.

Pegal linu setelah olahraga adalah reaksi umum dari olahraga. Ketika otot bekerja keras, mereka secara alami akan merasa sedikit lelah setelahnya. Namun pada akhirnya otot menjadi lebih kuat setelah tubuh pulih dengan benar.

Pegal setelah berolahraga biasanya dimulai dalam 12 hingga 24 jam setelah olahraga berat. Pegal linu akan mencapai puncaknya antara 24 hingga 72 jam.

Namun pegal linu akan hilang dalam beberapa hari. Sementara itu, cara mengatasi pegal setelah berolahraga ini bisa meringankan rasa sakit:

1. Terus Bergerak

Saat tubuh pegal setelah berolahraga, kamu tentu ingin segera beristirahat. Namun tetap menggerakan tubuh sebenarnya bisa membuat kamu merasa lebih baik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggerakan lengan dan bahu perlahan-lahan.

2. Istirahat dan Pulihkan

Gunakan hari libur sebagai kesempatan memulihkan diri sendiri dan mengisi kembali energi setelah berolahraga. Ahli mengatakan, hari kedua setelah berolahraga intens bisa menjadi hari yang terberat. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan olahraga ringan sehari setelah olahraga berat.

3. Kompres Hangat

Jika otot masih terasa pegal setelah 48 jam, kamu bisa mencoba untuk mengompres otot dengan air hangat secara hati-hati. Cara ini dapat merangsang aliran darah ke otot untuk mengurangi ketegangan dan membantu otot jadi lebih baik. Kamu juga bisa menggunakan handuk hangat atau bantal pemanas.

4. Lakukan Pijatan

Pijatan dapat meredakan pegal linu atau ketegangan otot, meningkatkan aliran darah, dan meningkatkan jangkauan gerak sendi. Saat pegal linu, pijat lembut adalah yang terbaik.

Sumber: halodoc

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!