Pemdes Pandanretno Kajoran Gandeng FIF Group Lakukan Penanaman Pohon

BNews–MAGELANG-– Kembali jajaran Pemerintah Desa Pandanretno Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang lakukan penanaman pohon (28/6/2021). Dan kali ini, pihak Pemdes menggandeng FIF Group Cabang Magelang lakukan kegiatan penanaman tersebut.

Kepala Desa Pandanretno, Alwiyah,S.Pd.I mengatakan kegiatn kali ini masih sama dengan kegiatan penanaman sebelumya. Dimana dilakukan di kawasan hutan rakyat Pandanretno.

“Ratusan bibit pohon konservasi kita tanam bersama-sama tim FIF Group. Antara lain pohon ketapang, mahoni, dan buah Alpukat,” katanya kepada Borobudurnews.com.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang. Pihaknya juga menggandeng masyarakat dan pemuda Desa Pandanretno

Ditanya maksud tujuannya, kata Alwiyah masih sama dengan visi sebelumnya yakni menjaga keseimbangan dan kelestarian alam.

“Terpenting untuk menjaga sumber mata air untuk warga Desa Pandanretno kedepannya,” ujarnya.

Alwiyah mengaku hal tersebut penting dilakukan mengingat kawasan Desa Pandanretno menjadi sumber mata air untuk beberapa desa di bawahnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Jadi mata air yang berada di kawasan kami juga banyak dimanfaatkan oleh warga di Desa-Desa lainnya yang berada dibawahnya. Jadi menjaga mata air menjadi hal sangat penting,” paparnya.

Ditanya untuk perawatan kedepan, Alwiyah mengungkapkan akan dilakukan oleh pemuda setempat.

“Jadi ini tidak hanya tanam saja, namun kedepan tetap ada perawatan oleh para pemuda sehingga pohon bisa tumbuh. Tentunya menjadi resapan air untuk menjaga debit air di mata air,” tegasnya.

Ia berharap dengan kegiatan penanaman tersebut ketersediaan air di Pandanretno khususnya bisa memadai.

“Saya berharap jika air memadai makan akan disusul dengan keberhasilan program pemberdayaan pertanian perikanan. Dan juga peternakan sesuai dengan kondisi geografis dan mata pencaharian masyarakat,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: