Pemerintah Akan Evaluasi Jadwal Hari Libur dan Cuti Bersama 2021

BNews—NASIONAL— Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPA-NRB), Tjahjo Kumolo, menyatakan perlu mengevaluasi hari libur dan cuti bersama di tahun 2021. Menurut dia, hal ini menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus mengalami lonjakan kasus.

”Perlu evaluasi lagi keputusan yang sudah ada terkait cuti, libur dan lain-lain selama tahun 2021. Sambil mencermati gelagat perkembangan Covid-19 di wilayah Indonesia,” kata Tjahjo dalam keterangan resminya, Senin (15/2).

Menurut Tjahjo, tingkat kesembuhan pasien covid-19 meningkat dan program vaksinasi dipacu cepat perencananya oleh Kemenkes. Namun, menurut dia pihaknya bakal tetap memberikan pembatasan bagi ASN menghadapi hari libur dan cuti bersama.

”Setelah larangan cuti keluar kota (saat) Imlek (pada) Sabtu dan Minggu, Seninnya pagi (15/2) tetap masuk kerja. Prosentase kerja di rumah dan di kantor serta sif jam kerja diserahkan kepada pimpinan kementrian lembaga instansi daerah masing-masing dengan tetap memperhatikan PSBB/ daerah zona merah,” jelas Tjahjo.

Terang Tjahjo, karenanya, hari libur dan cuti bersama dirasa Tjahjo harus diubah. Pengkondisian tersebut, janji Tjahjo, akan dirapatkan bersama Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Eddendy.

”Harus dirubah dan segera dikoordinasikan oleh Menko PMK. .Termasuk protokol kesehatan diperketat khusus swab-antigen,” katanya.

Karena itu, Tjahjo memastikan akan membahas keinginan mengubah libur dan cuti bersama 2021 dengan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi.

”Harus diubah dan segera dikoordinasikan oleh Menko PMK. Termasuk protokol kesehatan diperketat khusus swab-antigen,” katanya. 

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Namun, Tjahjo belum dapat memastikan apakah evaluasi dalam bentuk pengurangan maupun memundurkan libur dan cuti. ”Menunggu keputusan rapat Menko PMK,” tandasnya.

Diketahui, dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri tentang libur dan cuti bersama yang ditetapkan September 2020; hari libur nasional tahun 2021 meliputi 1 Januari Tahun Baru 2021 Masehi, 12 Februari Tahun Baru Imlek 2575.

11 Maret Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW, 14 Maret Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943. 2 April Wafat Isa Almasih, 1 Mei Hari Buruh Internasional dan 13 Mei Kenaikan Isa Almasih.

Masih dalam bulan Mei, pada 13-14 merupakan Hari Raya Idul Fitri 1442H, sedang 26 Mei Hari Raya Waisak 2565. Kemudian, 1 Juni Hari Lahir Pancasila, 20 Juli Hari Raya Idul Adha 1442H, 10 Agustus Tahun Baru Islam 1443 H. 17 Agustus Hari Kemerdekaan RI, 19 Oktober Maulid Nabi Muhammad SAW, 25 Desember Hari Raya Natal.

Sementara itu untuk cuti bersama tahun 2021, jatuh dibeberapa hari libur nasional yakni pada Jumat yang beriringan dengan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW pada 12 Maret. Lalu tanggal 12,17,18 dan 19 Mei bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri 1442 di bulan Mei. Kemudian 24 dan 27 Desember bersamaan dengan Hari Raya Natal. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: