Pemerintah Akan Segera Umumkan Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024

BNews-NASIONAL– Pemerintah akan mengumumkan pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 di SSCASN pada awal Januari 2024.

Berita baiknya, tenaga honorer juga akan memiliki peluang untuk menjadi PPPK 2024.

Pernyataan ini disampaikan oleh Azwar Anas saat memimpin koordinasi persiapan GovTech dan rekrutmen ASN 2024 pada tanggal 2 Januari 2024.

Azwar Anas mengatakan, pemerintah berencana untuk membuka rekrutmen CASN 2024 baik untuk CPNS maupun PPPK untuk memenuhi kebutuhan SDM di instansi pemerintah.

Terkait pendaftaran CPNS 2024, ia menyatakan bahwa prioritas akan diberikan kepada kebutuhan ASN pada pelayanan dasar, seperti tenaga guru dan tenaga kesehatan.

Kemudian, akan difokuskan pada penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah sesuai dengan mandat UU No. 20/2023 tentang ASN. Tahun ini, pemerintah akan memberikan kesempatan lebih luas kepada fresh graduate.

Selain guru dan tenaga kesehatan, Azwar Anas juga mengungkapkan bahwa pemerintah akan membuka kesempatan yang lebih luas bagi talenta digital.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo akan mengumumkan pembukaan seleksi ASN 2024.

Kebijakan pada tahun 2024 diharapkan dapat mengurangi jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Lebih lanjut, MenPAN-RB juga memberikan pesan kepada jajarannya agar Rancangan Perpres sebagai turunan UU No. 20/2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat segera diselesaikan.

Peraturan tersebut akan menjadi panduan bagi para ASN, dan implementasi layanan SPBE Prioritas khususnya pada sektor layanan administrasi pemerintah harus dipercepat.

Sebelumnya, Azwar Anas menyatakan bahwa pemerintah juga akan membuka peluang rekrutmen PPPK, termasuk bagi jutaan pegawai yang saat ini masih berstatus honorer.

Pengangkatan honorer menjadi PPPK akan dilakukan secara bersamaan dengan pendaftaran CPNS 2024.

“Kami akan menyelesaikan pengangkatan 1,6 juta PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja),” ujarnya, seperti dikutip oleh TribunKaltim.co dari kompas.tv dalam artikel berjudul Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024, Menpan RB Bocorkan Formasi Prioritas yang Paling Dibutuhkan.

Pengumuman pendaftaran CPNS 2024 rencananya akan diumumkan oleh Presiden Jokowi pada pekan pertama Januari 2024.

“Jadi jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini, karena nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama, Presiden akan mengumumkan,” kata Azwar Anas.

Pemerintah berusaha untuk membuka lebih banyak formasi bagi para lulusan baru atau fresh graduate dalam seleksi CASN 2024 atau seleksi CPNS-PPPK.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Namun demikian, hal ini bukan dilakukan untuk mengatasi permasalahan pengangguran di Tanah Air.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa pemerintah membuka lebih banyak lowongan untuk fresh graduate guna mendapatkan talenta dengan keahlian terkini yang dapat mendukung upaya reformasi birokrasi pemerintah.

“Seleksi CPNS memang tidak bisa memenuhi harapan publik yang besar.

Karena ASN bukanlah lembaga yang menampung pengangguran,” kata dia, saat diwawancarai di Kantor Pusat BKN, Jakarta, pada hari Kamis, 9 November 2023, seperti dilansir oleh TribunKaltim.co dari Tribunhealth.com dalam artikel berjudul Pendaftaran CPNS 2024 Masih Tetap di Link sscasn.bkn.go.id, 1,3 Juta Formasi Disiapkan Pemerintah.

Ia mengutip bahwa saat ini pemerintah membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang ahli dalam bidang teknologi informasi.

Kebutuhan tersebut sejalan dengan fokus pemerintah untuk memperkuat keamanan siber nasional.

“Selama ini kita berbicara tentang digital, namun keamanan datanya tidak diurus dengan baik,” ujarnya.

Selain teknologi informasi, pemerintah juga membutuhkan talenta yang memiliki pemahaman tentang pariwisata nasional.

Anas menyatakan bahwa pemerintah saat ini fokus dalam mengembangkan 5 destinasi wisata super prioritas, namun masih belum optimal keterlibatan SDM.

Oleh karena itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan menyediakan banyak formasi bagi para fresh graduate yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh negara.

“Kita mengubah logika ini, dengan mempekerjakan mereka yang berkualitas agar birokrasi menjadi lebih profesional, sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik,” kata Anas seperti yang dilaporkan oleh Kompas.com.

Sebagai informasi, Kemenpan-RB mencatat bahwa kebutuhan CPNS tahun depan mencapai 1,3 juta formasi.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, pemerintah berjanji akan menyediakan banyak formasi bagi fresh graduate. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: