Pemilih Tuna Netra Telah Disiapkan Kartu Suara Khusus

BNews—MUNGKID—Terkait calon pemilih dalam Pemilu 2019 yang menderita tuna netra pihak KPU Kabupaten Magelang sudah menyiapkan segala fasilitasnya. Hal ini disampaikan oleh Anggota KPU Kabupaten Magelang, Divisi Sosialisasi dan Partisipasi, Dwi Endis M (23/1).

 

“Kami sudah persiapkan template untuk membantu pemilih tuna netra saat memberikan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Adapun jumlah template disediakan satu template untuk satu TPS, seperti pelaksanaan Pilkada 2018 kemarin,” katanya.

Advertisements


 

Endis menyebutkan juga bahwa nantinya setiap satu TPS akan tersedia satu buah template untuk pemilih tuna netra. “Hal ini dikarenakan jumlah penyandang disabilitas tuna netra tidak banyak di Kabupaten Magelang,” imbuhnya.

 

Diketahui jumlah TPS di Kabupaten Magelang dalam Pemilu 2019 baik Legislatif maupun Calon Presiden dan Wakil Presiden  berjumlah 4331 TPS yang tersebar di 21 Kecamatan. “Nanti template jumlah menyusaikan jumlah TPS tersebut,” jelasnya.


 

Adapun wujud fisik template tersebut berbentuk seperti map, kemudian surat suara dimasukkan ke dalam tamplate. Pemilih tunanetra bisa meraba untuk menentukan angka dan mencobanya sesuai dengan pilihannya.

 

“Pada setiap pemilu sudah menggunakan template sebagai fasilitas untuk pemilih tuna netra,” tegasnya.

 

“Secara teknis penggunaan template tersebut, maka pemilih tuna netra dapat memberikan suaranya, tanpa kehilangan kerahasiaan siapa yang akan dipilihnya,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: